Tita Oxa Anggrea, Mahasiswi ITS Surabaya Berjaya di Universiti Teknologi Malaysia

Tita Oxa Anggrea mewakili Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya untuk meraih prestasi tingkat internasional yang membanggakan Indonesia.

Tita Oxa Anggrea, Mahasiswi ITS Surabaya Berjaya di Universiti Teknologi Malaysia
ist
Tita Oxa Anggrea mewakili Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya untuk meraih prestasi tingkat internasional yang membanggakan Indonesia. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Memiliki paras cantik dan postur tubuh ideal membuat Tita Oxa Anggrea kerap mengikuti ajang kecantikan.

Namun, ia tak mau berhenti pada ajang kecantikan, ia pun ingin mewakili Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya untuk meraih prestasi tingkat internasional yang membanggakan Indonesia.

Hal ini dibuktikannya dengan menjadi 2nd Runner up dalam SVPETROLEUM PAPER COMPETITION yang diadakan Universiti Teknologi Malaysia (UTM) .

Penghargaan itu diberikan kepada mahasiswi Teknik Fisika ini setelah ia mampu mengalahkan para pesaingnya. Ajang ini dimulai dengan seleksi abstract terlebih dahulu.

"Setelah lolos menjadi finalis saya mempresentasikan papernya dihadapan para juri dan melewati serangkaian sesi tanya jawab," urainya.

Ajang internasional ini melakukan penelitian mendalam ke topik yang relevan dengan industri energi dan penemuan, teori, dan ide ide inovatif yang dapat sangat bermanfaat dan berdampak pada Pengembangan Energi dan Energi Berkelanjutan.

"Saya sempat tidak menyangka bisa menjadi juara dikarenakan saya masih semester 5 dan pesaing pesaingnya dari seluruh dunia," jelasnya.

Mengusung tema ‘Optimization of Energy Consumption in Distillation Column', ia berhasil menjadi juara dalam kompetisi bergengsi ini.

“Pada ajang ini semua finalis diharuskan untuk berpikir kritis, saya melakukan optimisasi pada kolom distilasi agar dapat menghemat energy consumption," paparnya.

Selain itu,lanjutnya, ia juga mencoba mengkorelasikannya di sisi ekonomi yakni mengurangi total annual cost.

Dengan menggunakan Petlyuk Design dan optimisasi VLE (Vapor-liquid equilibrium) menggunakan Duelist Algorithm penggunaan energy dan nilai dari total annual cost pada distillation column dapat ditekan dan turun hingga 43.63 persen.

Penulis: sulvi sofiana
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved