Kabar Blitar

Kantor Imigrasi Blitar Upayakan Pengurusan Paspor Sehari Jadi Mulai Tahun 2019 Ini

Pada tahun ini, Kanim Kelas II Blitar ingin memaksimalkan lagi proses pengurusan paspor bisa selesai dalam sehari.

Kantor Imigrasi Blitar Upayakan Pengurusan Paspor Sehari Jadi Mulai Tahun 2019 Ini
suryamalang.com/Samsul Hadi
Pemohon sedang mengurus paspor di loket pengurusan paspor Kanim Kelas II Blitar. 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II Blitar akan meningkatkan pelayanan pengurusan paspor pada 2019 ini. Kanim Kelas II Blitar berupaya proses pengurusan paspor bisa selesai dalam satu hari.

Kepala Kanim Kelas II Blitar, M Akram mengatakan, pihaknya akan memangkas tahapan proses pengurusan paspor. Dengan begitu, proses pengurusan paspor bisa langsung jadi dalam satu hari. "Mulai tahun ini (2019), kami berusaha memaksimalkan proses pengurusan paspor sehari jadi. Begitu sudah dibayar, paspor langsung diterbitkan," kata M Akram, Selasa (1/1/2019).

Selama ini, menurut Akram, normalnya proses pengurusan paspor butuh waktu selama tiga hari. Pada 2018, Kanim Kelas II Blitar sudah berupaya memperpendek waktu pengurusan paspor dengan dua hari jadi. Pada tahun ini, Kanim Kelas II Blitar ingin memaksimalkan lagi proses pengurusan paspor bisa selesai dalam sehari.

"Kami optimis bisa mempercepat proses pengurusan paspor bisa selesai dalam waktu sehari," ujarnya.

Selain meningkatkan pelayanan, kata Akram, Kanim Kelas II Blitar juga akan membenahi fasilitas di ruang tunggu pengurusan paspor. Kanim Kelas II Blitar akan menyulap ruang tunggu pengurusan paspor seperti ruang tunggu di bandara.

Interior ruang tunggu paspor akan dibenahi. Tak hanya itu, kursi untuk tempat duduk pemohon paspor yang sekarang masih berbahan besi rencananya akan diganti dengan sofa. "Masyarakat biar lebih nyaman saat mengurus paspor di Kanim Kelas II Blitar," katanya.

Sebab, menurutnya, jumlah pemohon paspor di Kanim Kelas II Blitar terus meningkat. Pada 2018, Kanim Kelas II Blitar menerbitkan sebanyak 25.939 paspor sepanjang 2018. Jumlah itu meningkat sebanyak 6.349 paspor dibandingkan jumlah penerbitan paspor pada 2017.

"Malah ada tren baru, sekarang banyak warga Malang yang mengurus paspor di Kanim Blitar. Sebenarnya, wilayah kami hanya Kota Blitar, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Tulungagung. Tapi tidak masalah ada warga di luar wilayah kami mengurus paspor di Blitar," katanya.

Saat ini, Kanim Kelas II Blitar juga sedang mengadakan program paspor simpatik. Dalam program itu, petugas tetap melayani pengurusan paspor pada hari Sabtu. Program paspor simpatik itu hanya berlangsung selama sebulan mulai 29 Desember 2018-25 Januari 2019.

"Program paspor simpatik itu untuk memperingati hari bakti keimigrasian. Tapi, setelah program paspor simpatik selesai, kami berencana meneruskan dengan program pelayanan paspor keliling," ujarnya. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved