Malang Raya

Peluang Siswa Lolos SNMPTN Kota Malang Makin Sempit, PTN Turunkan Kuota Persentase Penerimaan

Ini setelah akreditasi sekolah A dipastikan kuotanya hanya 40 persen siswa terbaik di sekolah. Dimana pada tahun 2018 kuota masih 50 persen.

Peluang Siswa Lolos SNMPTN Kota Malang Makin Sempit, PTN Turunkan Kuota Persentase Penerimaan
Tribunnews
Ilustrasi. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Mulai tanggal 4 sampai 25 Januari 2019 merupakan waktu pengisian dan verifikasi PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa) untuk SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Akan tetapi, peluang lolos di PTN lewat SNMPTN 2019 makin sempit karena sistemnya berdasarkan rapor siswa mulai semester 1 sampai 5.

Ini setelah akreditasi sekolah A dipastikan kuotanya hanya 40 persen siswa terbaik di sekolah. Dimana pada tahun 2018 kuota masih 50 persen. Otomatis bagi sekolah akreditasi dibawahnya peluangnya makin sedikit. Bagi sekolah akreditasi B kuota hanya 25 persen terbaik di sekolah. Sedang sekolah akreditasi C kuota hanya lima persen terbaik di sekolah.

"Secara resmi, penurunan persentase itu belum kami dapatkan. Tapi dari informasi di berbagai media, maka sekolah harus segera mengantisipasinya," kata Haryanto, Kepala SMAN 6 Kota Malang pada suryamalang.com, Selasa (1/1/2019).

Meski belum mengetahui alasannya, namun diyakini semua ketentuan pasti ada alasan rasionalitasnya. "Tentu ada dampak bagi sekolah tentang penurunan persentase itu, khususnya psikologis siswa. Peluang lolos masuk PTN lewat SNMPTN makin kecil. Tapi sekolah melalui BK (Bimbingan dan Konseling) harus segera mengantisipasinya," ujar Haryanto. 

Menurut dia, info persentase SNMPTN beberapa kali berubah dari yang ia peroleh. Data yang diperoleh suryamalang.com, daya tampung/kuota PTN untuk SNMPTN 2019 minimal 20 persen.

Kasubag Humas Universitas Brawijaya Malang, Kotok Gurito membenarkan adanya penurunan persentase berdasarkan akreditasi sekolah. "Iya turun. Kalau akreditasi sekolah A dulu masih 50 persen terbaik di sekolah, sekarang 40 persen," jelas Kotok.

Setelah masa pengisian dan verifikasi PDSS, dilanjukan dengan pendaftaran SNMPTN pada 4-14 Februari 2019. Sedang pengumumannya pada 23 Maret 2019. SNMPTN terbuka bagi siswa SMA, SMK dan MA.

Pemeringkatan siswa akan dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) berdasarkan nilai masuk. Untuk siswa jurusan IPA pada penilaian mapel Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika dan Biologi. Sedang jurusan IPA pada penilaian mapel Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi dan Geografi.

Sedang jurusan Bahasa pada penilaian mapel Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi dan salah satu bahasa asing lainnya. Sedang untuk siswa SMK pada mapel Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris serta Kompetensi Keahlian (teori kejuruan dan praktik kejuruan). 

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved