Breaking News:

Kabar Tuban

Potensi Besar, Pemkab Tuban Target Parkir Berlangganan 2019 Capai Rp 8,2 Miliar

Target 2019 retribusi parkir berlangganan nilainya mencapai Rp 8,2 miliar atau mengalami kenaikan sekitar Rp 400 juta dari target tahun 2018.

Penulis: Mochamad Sudarsono | Editor: Achmad Amru Muiz
suryamalang.com/Mochamad Sudarsono
Salah satu lokasi parkir berlangganan di depan kantor pengadilan agama Kabupaten Tuban. 

SURYAMALANG.COM, TUBAN - Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi parkir berlangganan di Tuban dinilai cukup prospektif. Pada tahun 2018 lalu pendapat dari sektor retribusi parkir melebihi target. Target di awal sekitar Rp 7,8 miliar dan di akhir tahun pendapatan mencapai sekitar Rp 8,3 miliar.

Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Tuban selaku leading sektor parkir berlangganan menarget pendapatan di tahun 2019 meningkat dari tahun sebelumnya.

"Rasanya wajar bila melihat capaian pendapatan dari retribusi parkir tahun lalu dan untuk tahun ini dinaikkan targetnya," kata Sekretaris Dinas Perhubungan, Gunadi, Selasa (15/1/2019).

Dia menjelaskan, untuk target 2019 dari retribusi parkir berlangganan nilainya mencapai Rp 8,2 miliar atau mengalami kenaikan sekitar Rp 400 juta dibandingkan dengan target tahun 2018.

Untuk mencapai itu, maka retribusi parkir berlangganan yang realisasi pembayaran bersamaan dengan pajak kendaraan bermotor harus dioptimalkan. Baik kendaraan roda dua mau roda empat lebih.

"Tentunya kami akan memaksimalkan kinerja kami untuk bisa mencapai target pendapatan 2019," ucapnya. 

Saat ditanya potensi kebocoran, Gunadi menegaskan, tidak mungkin terjadi. Hal itu dikarenakan karena dalam pembayaran retribusi parkir dilakukan bersamaan dengan pajak tahunan kendaraan bermotor.

Sehingga uang retribusi secara otomatis masuk ke kas daerah, melalui pembayaran pajak lewat Samsat bersama. "Kebocoran tidak mungkin terjadi, karena retribusi parkir dibayar bersamaan dengan pajak kendaraan," tandasnya.

Sekadar diketahui, untuk retribusi parkir berlangganan sepeda motor per tahun Rp 20 ribu, mobil penumpang atau barang per tahun Rp 40 ribu, dan kendaraan bus atau truk Rp 60 ribu.

Parkir berlangganan ini berlaku selama setahun. Pemilik kendaraan plat S Tuban dibebaskan bayar parkir di lahan yang dalam pengelolaan dan pengawasan Dishub.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved