Universitas Kanjuruhan Malang

Status Kepengurusan Unikama jadi Perdebatan Sengit dalam Sidang di Sidoarjo

Kasus ini pun berlanjut ke ranah hukum setelah Lurah Magersari, Moch Arifin melapor ke polisi. Christea ditahan polisi dan sekarang masih proses sidan

Status Kepengurusan Unikama jadi Perdebatan Sengit dalam Sidang di Sidoarjo
m taufik
KASUS UNIKAMA - Sudjai saat jadi saksi dalam sidang dengan terdakwa Christea di PN Sidoarjo, Selasa (15/1/2019). 

SURYAMALANG.COM, SIDOARJO - Status kepengurusan Pembinaan Lembaga Pendidikan - Perguruan Tinggi Persatuan Guru Republik Indonesia (PPLP-PTPGRI) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) menjadi perdebatkan sengit dalam sidang pemalsuan surat domisili di Pengadilan Negeri (PN) Sidoarjo, Selasa (15/1/2019).

Sidang dengan terdakwa Christea Frisdiantara kali ini menghadirkan dua saksi. Yakni Soedja'i  Ketua Yayasan PPLP-PT PGRI Universitas KanjuruhanMalang, dan Titik Lutfi Nuraini selaku pegawai Unikama.

Soedja'i yang datang dengan kursi roda itu menceritakan bahwa terdakwa sudah tidak jadi pengurus PPLP PGRI karena diberhentikan gara-gara tersangkut pidana pemilu pada 2014. "Dia divonis 2 bulan," kata Sudjai.

Tapi ketika menggunakan surat domisili untuk mencairkan uang ke Bank, disebutnya terdakwa masih berstatus Wakil Ketua. "Dengan catatan, kami tidak tahu kalau dia terkena kasus pidana dan diberhentikan oleh PPLP PGRI Jawa Timur," urainya.

Tapi saat ini, disebutnya bahwa Christea bukan pengurus. Dan pernyataan ini disanggah oleh B Sunu, pengacara terdakwa dalam sidang.

Ditanyakan bahwa dalam BAP tertulis Wakil Ketua bernama Antok, itu berdasar keterangan Sudjai. Ternyata itu disanggah oleh Sudjai, disebut bahwa saat itu Wakil Ketua Christea.

"Yang benar wakilnya pak Christea, berdasar Akta 84. Sementara nama Antok itu dari akta nomor 100," urai Sudjai.

Setelah berulang kali ditanyakan status Christea sekarang dan dijawab bukan pengurus, kemudian pengacara menunjukkan SK Menkumham tanggal 8 Desember 2018 yang menyebut bahwa Christea adalah Wakil Ketua.

Dari situ, Perdebatan pun semakin sengit. Sudjai berdalih, ada beberapa akta. Dari semua itu ada yang bermasalah dan proses persoalannya masih berjalan hingga sekarang.

Beberapa kali, pengacara Christea mempersoalkan keterangan Sudjai yang dianggap beda dengan keterangannya dalam BAP penyidik.

Halaman
12
Penulis: M Taufik
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved