Breaking News:

Nasional

Jokowi Vs Prabowo, Inilah Catatan Penting yang Harus Diperhatikan dalam Debat Pilpres 2019

Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto bakal menjalani debat pertama Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 yang segera digelar petang ini, Kamis

Editor: eko darmoko
TRIBUNNEWS/SETPRES/AGUS SUPARTO
Debat Pilpres 2019 antara Jokowi dan Prabowo Subianto beserta pasangan masing-masing digelar Kamis (17/1/2019). 

SURYAMALANG.COM - Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto bakal menjalani debat pertama Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 yang segera digelar petang ini, Kamis (17/1/2019).

Tema yang diangkat dalam Debat Pilpres 2019 adalah penegakan hukum, terorisme, dan HAM.

Sejumlah televisi nasional akan menyiarkannya secara langsung.

Ada sejumlah catatan untuk para kandidat di luar substansi materi, bila Debat Pilpres 2019 diharapkan memberi manfaat optimal.

Lagi pula, debat tak cuma terkait kepentingan elektoral. Debat merupakan rangkaian kegiatan Pilpres 2019 yang bukan hanya bersifat ritual untuk memenuhi aturan prosedural UU Pemilu, melainkan juga sangat penting untuk menguji kapasitas dan ketajaman visi-misi masing-masing kandidat dalam memroyeksikan Indonesia ke depan.

Lebih dari itu, debat merupakan ajang pendidikan politik agar pemilih memahami apa saja visi-misi, program kerja, dan strategi yang akan digunakan untuk mencapai semua cita-cita mulianya.

Di lain pihak, kegiatan ini juga memiliki fungsi elektoral bagi masing-masing kandidat, untuk meyakinkan pemilih yang belum menentukan pilihan (undecided voters).

Artinya, Debat Pilpres 2019 merupakan acara yang ditunggu-tunggu oleh publik, terutama para pemilih rasional yang sebagian hingga kini masih belum menentukan sikap politiknya atau masih ragu-ragu.

Bukan cuma panggung di depan pendukung

Oleh karena itu, tidak ada pilihan lain bagi setiap pasangan capres dan cawapres menyiapkan debat ini secara sungguh-sungguh agar dapat memaparkan apa yang menjadi komitmen dan visi-misinya secara gamblang, terukur, mudah dicerna, dan tidak sekadar memberi harapan kosong.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved