Breaking News:

Penyakit Jamur pada Kucing Bisa Menular ke Pemilik, Begini Cara Mencegahnya

Kondisi hewan peliharaan, tentu dapat menular ke pemiliknya. Kasus yang sering terjadi pada kucing dan menulari pemiliknya adalah scabies.

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - "Scabies ini terjadi karena adanya kutu atau parasit. Nah kalau kucingnya kena, biasanya pemiliknya juga akan tertular," ujar Drh Anne Halim, owner Klinik Little Pow Surabaya.

Kondisi hewan peliharaan, tentu dapat menular ke pemiliknya. Kasus yang sering terjadi pada kucing dan menulari pemiliknya adalah scabies.

Untuk itu, pemelihara hewan berbulu, contohnya kucing, harus rajin untuk membersihkan dan menyisir bulu peliharaannya.

Sehingga, kucing terbebas dari penyakit jamur dan pemiliknya pun aman berada di dekatnya.

Sebab, apabila sudah terkena pemyakit jamur, penyembuhannya membutuhkan waktu yang lama dan memakan biaya. Apalagi kalau penyakit jamurnya disebabkan oleh kutu bulu.

"Kutu bulu itu kalau dilihat kasat mata, bentuknya seperti ada bubuk di bulunya. Bubuk tersebut apabila dilihat menggunakan microskop akan tampak ada sesuatu yang bergerak di sana. Itu penyembuhannya susah dan lama, caranya dengan terapi bulu," ujar Anne, saat mengisi talk show Healty Life With Your Lovely Cat di Marketing Galery Grand Pakuwon Surabaya Barat, Sabtu (19/1/2019).

Mencuci dan menyisir bulu kucing menurut Yana, salah satu anggota Surabaya Sidoarjo Peduli Kucing Domestik (S2PKD) memang menjadi hal penting.

Terutama, apabila yang dipelihara adalah jenis kucing ras. Menurutnya jenis kucing tersebut pasti membutuhkan bantuan pemiliknya untuk membersihkan badan.

"Kucing itu kan membersihkan badan dengan cara menjilat. Tapi kalah kucing ras kan bulunya panjang, aktivitas menjilat itu kadang tidak cukup membersihkan, malahan menyebabkan bulunya menggumpal. Nah ini kalau nggak sering disisir, kutu, parasit itu akan bersarang di sana," tutur Yana. TribunJatim/Hefty'sSuud

Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved