Kabar Blitar

Polisi Bersama BKSD Mengevakuasi Buaya Yang Ditemukan Di Rumah Warga Kota Blitar

Proses evakuasi buaya lumayan lama dan dengan cara manual tanpa perlengkapan khusus. Petugas harus menguras air di dalam kolam buaya.

Polisi Bersama BKSD Mengevakuasi Buaya Yang Ditemukan Di Rumah Warga Kota Blitar
suryamalang.com/Samsul Hadi
Polisi dan tim dari BKSDA mengevakuasi buaya jenis muara yang ditemukan di rumah warga Perumahan GKR, Kota Blitar, Selasa (22/1/2019). 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Satreskrim Polres Blitar Kota bersama tim dari Resort Konservasi Wilayah (RKW) 2 Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jatim mengevakuasi buaya jenis muara yang ditemukan di rumah warga Perumahan GKR Kelurahan Sananwetan Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Selasa (22/1/2019).

Buaya jenis muara itu akan dibawa ke kantor Seksi Konservasi Wilayah 1 di Kediri untuk diperiksa kesehatan dan jenis kelaminnya. "Kami akan memeriksa dulu kesehatan satwa ini. Termasuk mencari tahu jenis kelaminnya, jantan atau betina," kata Kepala RKW 2 (Blitar, Tulungagung dan Trenggalek), Sudarmaji, usai mengevakuasi buaya itu.

Proses evakuasi buaya lumayan lama dan dengan cara manual tanpa perlengkapan khusus. Petugas harus menguras air di dalam kolam buaya. Setelah itu, petugas melemparkan kain tepat di bagian kepala buaya.

Selanjutnya, petugas memegang bagian leher dan mulut buaya. Buaya yang sudah ditangkap kemudian dilakban dibagian mulut dan kaki.

"Panjangnya sekitar 80 cm, kalau usianya kami akan periksa dulu. Informasinya buaya itu dipelihara di rumah sudah sekitar delapan bulan," ujar Sudarmaji.

Sudarmaji menjelaskan buaya jenis muara memang tergolong satwa dilindungi. Keputusan itu berdasarkan PP No 7 Tahun 1990 dan Permen LHK No 92 Tahun 2018. Karena statusnya satwa dilindungi, kepemilikan buaya jenis muara secara perorangan tidak diizinkan.

"Kalau dari LHK biasanya izinnya untuk penangkaran, itupun asal usul buaya juga harus jelas," katanya.

Dikatakannya, buaya jenis muara paling banyak berasal dari Irian. Biasanya, buaya jenis muara itu dibawa ke Jawa dalam bentuk telur atau dalam kondisi masih kecil. Kalau dipelihara dengan baik, buaya itu bisa besar dengan panjang sekitar lima meter. "Buaya jenis ini panjangnya bisa mencapai lima meter," ujarnya.

Sebelumnya, Satreskrim Polres Blitar Kota mengamankan buaya jenis muara dan ular piton dari rumah Ny Erni di Perumahan GKR, Kota Blitar, Minggu (20/1/2019). Penemuan buaya dan ular di rumah itu berawal dari penggeledahan kasus narkoba oleh Satnarkoba Polres Blitar Kota. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved