Breaking News:

Malang Raya

Hendak Pugar Rumah Sendiri, Minta Rekomendasi ke Tim Ahli Cagar Budaya Kota Malang

Langkah bijak ditempuh pemilik rumah No 45 yang berada di kawasan cagar budaya, Jl Ijen, Kota Malang.

Benni Indo - SuryaMalang.com
Rumah di Jalan Ijen No 45 yang berada di kawasan cagar budaya Kota Malang. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN – Langkah bijak ditempuh pemilik rumah Jalan Ijen No 45 yang berada di kawasan cagar budaya Kota Malang.

Pemilik rumah, Sunaryo Sampurna melalui perwakilannya Honggo Widjaja meminta masukan dari Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kota Malang.

Pasalnya, rumah itu mau direnovasi. Agar nilai cagar budayanya tidak hilang, Honggo pun meminta saran serta masukkan dari TACB.  

“Sebetulnya ini proses yang semestinya kami lalui ketika berada di kawasan heritage. Normal proses seperti ini. Kami mengajukan satu desain, mereka yang akan melihat dan memberika masukkan. Apakah sudah cukup harmoni atau bagaimana dengan kawasan,” ujar Honggo, Rabu (6/2/2019).

Saat berdialog dengan TACB, siteplan dari bangunan ini dibedah oleh tim ahli. Bersamaan itu pula pihak pengelola menjelaskan rencana dan memberikan masukkan.

“Bahwa untuk masa depan daerah Ijen itu harus dipertahankan,” imbuh Honggo.

Rumah nomor 45 itu rencananya akan dibangun dua lantai. Namun setelah mendapat masukkan dari TACB, pembangunan dua lantai tetap bisa dilakukan hanya saja tidak boleh mengubah tampilan depan rumah.

“Kami berpikir dua lantai, itu struktur yang ada tidak memungkinkan. Maka harus ada strukutr baru. Tapi setelah ada saran, maka lantai dua itu dimungkinkan di belakang sehingga tampak depan masih tetap,” paparnya.

Sekretaris TACB Kota Malang Agung H Bhuana menjelaskan hal semacam itu perlu dilakukan agar kawasan heritage di Jl Ijen tetap harmoni dengan lingkungannya. Sejauh pengamatannya, saat ini ada sekitar 30 an rumah di Jl Ijen yang sudah tidak seperti asilinya.

"Bahasanya adaptasi bangunan ya bukan merobohkan atau renovasi. Yang jelas kami apresiasi pemilik bangunan berkonsultasi dengan kami tanpa diminta" ungkap Agung.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved