Kabar Surabaya

Komisi III DPR RI Soroti 7000 Tindak Pidana 2019 Di Jatim Belum Selesai Hingga Lapas Over Capacity

Komisi III DPRRI mempertimbangkan terkait 7.000 kasus pidana yang belum terselesaikan itu masuk ke peradilan. Itu terkait kapasitas LP.

Komisi III DPR RI Soroti 7000 Tindak Pidana 2019 Di Jatim Belum Selesai Hingga Lapas Over Capacity
suryamalang.com/Mohammad Romadoni
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond Junaidi Mahesa bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan saat kunjungan kerja (Reses) di Gedung Mahameru Markas Kepolisian Daerah Jawa Timur, Senin (18/2/2019) 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Sebanyak 7.000 berkas perkara tindak pidana di 2019 yang ditangani Kepolisian dan Kejaksaan di Jawa Timur belum terselesaikan.

Hal itu terungkap saat anggota Komisi III DPR RI meninjau kinerja aparatur hukum dalam rangka kunjungan kerja (Reses) yang bertempat di Gedung Mahameru Markas Kepolisian Daerah Jawa Timur, Senin (18/2/2019).

Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Desmond Junaidi Mahesa mengatakan, tujuan Reses saat ini adalah memantau penegakkan hukum di Jawa Timur. Saat ini pihaknya melihat para penegak hukum apakah sudah melakukan koordinasi dan kerjasama yang baik.

Rapat dimulai dari persoalan hukum dan Ham, naik ke Kejaksaan hingga ke Peradilan, BNN dan Poda Jatim yang berbicara mengenai persoalan tindak pidana umum dan lainnya. Ada banyak catatan-catatan wajah hukum dibidang kriminal di Jawa Timur.

"Catatan ini adalah tentang sekitar 7.000 tindak pidana yang belum selesai ada di tangan Kepolisian, Kejaksaan dan Peradilan," ungkapnya.

Desmond menjelaskan, pihaknya mempertimbangkan terkait 7.000 kasus pidana yang belum terselesaikan itu masuk ke peradilan apakah nantinya diputus akan masuk ke Lapas atau tidak.

Dipaparkannya, mengenai hal ini tentunya bukan sekedar berbicara soal penegakan melainkan persoalan anggaran ditinjau dari segi kelayakan Lapas hingga biaya akomodasi selama tahanan berada di dalam tahanan tersebut.

"Kalau masuk (Peradilan) itu berarti ada 7.000 penghuni baru di Lapas yang kini kondisi penghuni yang sudah Over Capacity," jelasnya. 

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved