Breaking News:

Kabar Blitar

PDIP Mulai Bentuk Tim Penjaringan Calon Wakil Wali Kota Blitar

Dalam waktu dekat, DPC PDIP Kota Blitar akan menggelar rapat internal untuk membentuk tim penjaringan calon wali kota Blitar.

Penulis: Samsul Hadi | Editor: Achmad Amru Muiz
PDIP Mulai Bentuk Tim Penjaringan Calon Wakil Wali Kota Blitar
suryamalang.com/Samsul Hadi
Ketua DPC PDIP Kota Blitar, Said Novandi.

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Blitar sedang mempersiapkan tim untuk proses penjaringan calon wakil wali kota yang akan mendampingi Santoso. Dalam waktu dekat, DPC PDIP Kota Blitar akan menggelar rapat internal untuk membentuk tim itu.

"Sesuai rencana, Sabtu pekan ini, kami akan rapat pembentukan tim untuk penjaringan calon wakil wali kota," kata Ketua DPC PDIP Kota Blitar, Said Novandi, Rabu (20/2/2019).

Sekadar diketahui, PDIP merupakan partai pengusung pasangan Wali Kota Blitar, M Samanhudi Anwar dan Wakil Wali Kota Blitar, Santoso, pada Pilwali Kota Blitar 2015 lalu. Saat ini, Samanhudi terjerat kasus dugaan suap di KPK. Kemendagri sudah mengeluarkan surat pemberhentian sementara untuk Samanhudi.

Sekarang, jabatan Wali Kota dipegang pelaksana tugas (Plt). Wakil Wali Kota Blitar, Santoso, yang menjabat sebagai Plt Wali Kota Blitar. Sedangkan kasus dugaan suap Samanhudi masih proses banding.

Samanhudi dijatuhi vonis hukuman lima tahun penjara dan denda 500 juta oleh Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Surabaya. Majelis hakim juga mencabut hak politik Samanhudi selama lima tahun.

Informasinya, Samanhudi juga sedang mengajukan surat pengunduran diri sebagai Wali Kota Blitar. Kalau surat pengunduran diri Samanhudi sudah keluar atau kasus hukumnya sudah inkrah otomatis Santoso akan menggantikan posisi Samanhudi sebagai Wali Kota Blitar definitif.

Dengan begitu, jabatan Wakil Wali Kota Blitar kosong. PDIP sebagai partai pengusung berhak mengusulkan nama untuk menduduki posisi wakil wali kota yang kosong itu.

Said mengatakan PDIP maksimal mengusulkan dua nama untuk mengisi kekosongan posisi wakil wali kota. Maka itu butuh tim untuk menjaring nama-nama yang akan diusulkan menjadi wakil wali kota sisa masa jabatan.

Menurutnya, ada sejumlah nama kader PDIP yang muncul untuk mengisi jabatan wakil wali kota. Di antaranya, Hendry Pradipta Anwar (putra sulung Samanhudi), Syahrul, Sutanto Genik, dan Sugeng Praptono. "Setelah tim terbentuk, kami akan membuka pendaftaran. Nanti akan diseleksi dan hanya ada dua nama yang akan kami usulkan ke DPP melalui DPD. Keputusan tetap ada di DPP," ujar Said.

Dia berharap penjaringan calon wakil wali kota dapat dilaksanakan secepatnya. Apalagi, DPRD Kota Blitar juga sudah membentuk panitia khusus tata tertib (Pansus Tatib) pemilihan dan pengangkatan Wali Kota Blitar dan Wakil Wali Kota Blitar sisa masa jabatan.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved