Kabar Surabaya

Kamar Mandi Kurang Banyak, Pengunjung Sering Nyelonong ke Kamar Mandi Khusus Difabel

Orang-orang normal sering nyelonong pakai kamar mandi khusus penyandang difabel di Taman Bungkul, Surabaya.

web
Taman Bungkul Surabaya 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Orang-orang normal sering nyelonong pakai kamar mandi khusus penyandang difabel di Taman Bungkul, Surabaya.

Menanggapi gal itu, Kepala UPTD Taman DKRTH Surabaya, Pramudita, menerangkan bahwa itu terjadi karena jumlah pengunjung semakin banyak namun tidak diimbangi jumlah kamar mandi. 

"Untuk kamar mandi memang kapasitasnya kurang," tutur Pramudita.

Para pengunjung non-difabel yang mengantre di kamar mandi kemudian memutuskan menggunakan fasilitas kamar mandi untuk para difabel yang tidak sedang digunakan.

Hal tersebut, tutur Pramudita memang sangat sulit untuk dikendalikan. 

"Misalnya ada anak kecil yang ingin buang air kecil, dicegah kan sulit," tuturnya.

Pihaknya, lanjut Pramudita, memang tidak benar-benar menekankan bahwa kamar mandi difabel hanya boleh digunakan oleh para difabel.

Namun Pramudita selalu mengarahkan  kepada penjaga kamar mandi agar selalu memprioritaskan pada difabel apabila mereka terlihat mangantre.

"Sementara caranya seperti itu dulu, sambil kita mendapatkan solusi yang tepat," jelasnya.

Rencananya, Pramudita mengungkapkan, untuk mengurangi penyalahgunaan  kamar mandi difabel Taman Bungkul, akan ada penambahan jumlah kamar mandi.

"Rencananya ada penambahan kamar mandi untuk menyesuaikan jumlah pengunjung Taman Bungkul. Kalau misalnya penataan PKL dilaksanakan, kamar mandi akan ditambah," jelasnya.

Pramudita mengakui bahwa Taman Bungkul masih membutuhkan banyak perbaikan. Namun, menurutnya, sudah ada perbaikan yang dilakukan secara bertahap.

"Kami bahkan pernah melalukan kajian mengenai para difabel dari Universitas Petra Surabaya terkait apa saja yang membuat mereka nyaman," jelasnya. Christine Ayu 

Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved