Breaking News:

Kabar Surabaya

Kapal Selam TNI AL Buatan Sendiri Siap Diluncurkan Bulan Maret 2019, Diproduksi PT PAL Indonesia

Kabar peluncuran kapal selam baru TNI AL yang dirakit sendri oleh PT PAL Indonesia itu disampaikan Direktur Utama PT PAL Indonesia Budiman Saleh

Editor: Dyan Rekohadi
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Indonesia akan meluncurkan kapal selam produksi sendiri untuk TNI AL - KRI Ardadedali 404, kapal selam kedua pesanan Indonesia dari Korea Selatan saat sandar di Dermaga Kapal Selam Koarmada II, Ujung, Surabaya, Kamis (17/5/2018). Kapal produksi Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Korea Selatan ini merupakan kapal selam type 209/400 DSME yang memiliki bobot 1.280 ton saat muncul di permukaan dan bobot menjadi 1.400 ton saat menyelam. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - TNI AL tak lama lagi akan memiliki kapal selam baru buatan Indonesia.

Ya, kapal selam baru hasil karya anak negeri yang akan memperkuat armada TNI AL menurut rencana akan diluncurkan bulan depan, Maret 2019 oleh BUMN pembuat kapal, PT PAL.  

Kabar peluncuran kapal selam baru untuk TNI AL  yang dirakit sendri oleh PT PAL Indonesia itu disampaikan Direktur Utama PT PAL Indonesia Budiman Saleh.

"Alhamdulillah saat ini sudah kami siapkan proses dan prosedur protokoler untuk melakukan peluncuran kapal selam tersebut dan kemungkinan Maret 2019 akan kami luncurkan," kata Direktur Utama PT PAL Indonesia Budiman Saleh di Surabaya, Jawa Timur, Senin (25/2/2019) seperti dikutip dari Kompas.com.

Kapal TNI Keluarkan Tembakan Saat Tangkap 4 Kapal Vietnam, Diserang Kapal Pemerintah Vietnam

3 Video Alleia Anata Irham Anak Ariel Noah Bernyanyi, Suara Merdunya Bukti Warisi Bakat sang Ayah

Pesan Mendalam Al Ghazali pada Ahmad Dhani Mencuri Perhatian Banyak Orang, Termasuk Maia Estianty

3 Alasan Reino Barack Digilai Para Wanita & Bikin Mantan Susah Move On, Romantis hingga Kaya Abis

Kapal selam tersebut adalah pesanan ketiga TNI AL yang dipercayakan pembuatannya kepada PT PAL Indonesia sebagai perusahaan galangan badan usaha milik negara ( BUMN).

Dua kapal selam sebelumnya telah lebih dahulu diserahterimakan dengan dibuat gabungan PT PAL Indonesia bekerja sama dengan perusahaan galangan di Korea Selatan.

Untuk kapal selam yang akan diluncurkan, perakitannya dilakukan secara mandiri oleh anak bangsa di galangan PT PAL Indonesia yang berlokasi di kawasan Tanjung Perak, Surabaya, setelah mendapat transfer teknologi dari Korea Selatan.

Kepala Humas PT PAL Indonesia Bayu Witjaksono mengatakan, tiga kapal selam yang dipesan oleh TNI AL itu merupakan program pertama dari transfer teknologi antara PT PAL Indonesia dan Korea Selatan.

Kapal selam pertama yang bernama KRI Nagapasa-403 telah diresmikan secara langsung oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu pada 2 Agustus 2017 dan saat ini telah memperkuat armada RI.

Kapal selam kedua KRI Ardadedali 404 juga telah diresmikan di Galangan Daewoo, Korea.

KAPAL SELAM - Prajurit TNI AL menyambut kedatangan KRI Nagapasa-403 saat sandar di Dermaga Kapal Selam Koarmada II, Ujung, Surabaya, Senin (28/8)
KAPAL SELAM - Prajurit TNI AL menyambut kedatangan KRI Nagapasa-403 saat sandar di Dermaga Kapal Selam Koarmada II, Ujung, Surabaya, Senin (28/8/2017) (SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ)
Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved