Nasional

Kapal TNI Keluarkan Tembakan Saat Tangkap 4 Kapal Vietnam, 'Diserang' Kapal Pemerintah Vietnam

Perlawanan dalam upaya penangkapan kapal pencari ikan berbendera Vietnam itu bahkan dilakukan kapal pemerintah Vietnam dengan manuver berbahaya

Kapal TNI Keluarkan Tembakan Saat Tangkap 4 Kapal Vietnam, 'Diserang' Kapal Pemerintah Vietnam
Dok TNI AL
Kapal TNI, KRI tangkap 4 kapal Vietnam penangkapan diwarnai perlawanan dengan manuver kapal pemerintah Vietnam. KRI BUng TOmo sapai melepas tembakan 

SURYAMALANG.COM - Sebuah aksi menegangkan di lautan terjadi saat Kapal patroli milik TNI Angkatan Laut (AL), KRI Bung Tomo (TOM-357) menangkap 4 kapal penangkap ikan berbendera Vietnam, Minggu (24/2/2019) pukul 07.40 WIB.

Kapal TNI mendapat perlawanan yang membuat kapal patroli ini melepaskan tembakan.

Perlawanan dalam upaya penangkapan kapal pencari ikan berbendera Vietnam itu bahkan dilakukan kapal pemerintah Vietnam dengan manuver berbahaya, yang mencoba memotong manuver KRI TOM 357.

Upaya penangkapan kapal Vietnam di wilayah perairan Indonesia oleh Kapal TNI itu terungkap dalam konferensi pers di Bandung, Senin (25/2/2019).

Selvi Ananda Kepergok Beli Barang Mewah Bareng Jan Ethes & Suami, Biasanya Berpenampilan Sederhana

Ada Pria Misterius Kirim WhatsApp (WA) ke Luna Maya untuk PDKT, Isinya Cuma 1 Kata Tapi Bikin Kaget

 • Dua Pelatih Arema Jadi Asisten Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy Resmikan 3 Pendampingnya

Menteri Kelautan dan Perikanan sekaligus Komandan Satgas 115, Susi Pudjiastuti menyatakan Keempat kapal Vietnam yang ditangkap itu diduga menangkap menggunakan trawl (pukat) di Landas Kontinen Laut Natuna, Indonesia.

Susi menuturkan, keempat kapal tersebut yakni BV 525 TS dengan muatan 1 palka ikan, BV 9487 TS bermuatan 2 palka ikan, BV 4923 TS dengan muatan 1 palka ikan, dan BV 525 dengan muatan kosong.

Drama pengakapan terjadi saat KRI TOM-357 sedang menggiring 4 kapal tersebut terjadi ketika terdapat kapal Vietnam Fisheries Resources Surveillance (VFRS) bernama Kiem Ngu 2142124 dan 214263 menerobos masuk ke wilayah ZEE Indonesia.

“Kapal itu melakukan manuver yang mengancam dengan upaya menghalangi pengawalan empat kapal ikan hingga membahayakan KRI TOM-357,” ucap Susi.

Setelah dapat mengindar dari manuver tersebut, pasukan TNI AL melanjutkan pengawalan ke Pangkalan Utama TNI AL yang berada di Tanjung Pinang, Riau.

Halaman
1234
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved