Universitas Kanjuruhan Malang

Sengketa di Unikama - Christea Frisdiantara Divonis Hukuman Percobaan di PN Sidoarjo

Sidang perkara pemalsuan surat domisili dengan terdakwa Christea Frisdiantara di Pengadilan Negeri Sidoarjo memasuki babak akhir.

Sengketa di Unikama - Christea Frisdiantara Divonis Hukuman Percobaan di PN Sidoarjo
benni indo
Dr Christea Frisdiantara (kanan) dan pengacaranya, Erpin Yuliono (kiri) saat memberikan keterangan terkait hasil putusan PTUN, Sabtu (21/7/2018). 

SURYAMALANG.COM, SIDOARJO - Sidang perkara pemalsuan surat domisili dengan terdakwa Christea Frisdiantara di Pengadilan Negeri Sidoarjo memasuki babak akhir.

Pengelola Universitas Kanjuruhan Malang itu divonis hukuman percobaan, Selasa (26/2/2019).

Dalam amar putusan yang dibacakan Ketua Majelis Hakim Djoni Iswantoro, terdakwa dijatuhi hukuman 1 tahun penjara, dengan masa percobaan selama 6 bulan.

Dengan putusan itu, berarti Christea bisa bebas dari penjara. “Majelis juga memerintahkan agar terdakwa dibebaskan dari tahanan sejak amar putusan dibacakan,” ucap hakim Djoni membaca amar putusannya.

Meski hanya diputus percobaan, majelis menurut bahwa terdakwa Christea terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana, turut serta melakukan dengan sengaja memakai surat yang isinya atau yang dipalsu.

Surat tersebut seolah-olah benar dan tidak dipalsu yang dapat menimbulkan kerugian, sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 263 ayat 2 KUHP, Junto pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Mendengar putusan ini, Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejari Sidoarjo menyatakan pikir-pikir.

Jaksa tidak langsung banding, meski putusan jauh dari tuntutan jaksa yang dalam sidang sebelumnya meminta majelis menjatuhkan hukuman penjara selama dua tahun terhadap Christea.

Hal serupa juga disampaikan B Sunu, kuasa hukum terdakwa. Atas putusan ini, mereka juga menyatakan pikir-pikir saat ditanya hakim.

Mereka memanfaatkan waktu tujuh hari, untuk memutuskan banding atau menerima.

Kasus yang disidangkan di PN Sidoarjo ini memang terkait pemalsuan surat domisili. Namun perkara ini merupakan rentetan di sengketa atau dualisme kepengurusan di tubuh Unikama Malang. Antara Christea dan Sudjai.

Penulis: M Taufik
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved