Kabar Sidoarjo

Terminal 1 Bandara Juanda di Sidoarjo Diperluas ke Timur hingga 29.000 Meter Persegi

Bandar Udara (Bandara) Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo akan memperluas Terminal 1 (T1) pada tahun 2019 ini.

Terminal 1 Bandara Juanda di Sidoarjo Diperluas ke Timur hingga 29.000 Meter Persegi
juanda-airport
Denah Terminal 1 Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo. 

SURYAMALANG.COM, SIDOARJO - Bandar Udara (Bandara) Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo akan memperluas Terminal 1 (T1) pada tahun 2019 ini.

General Manager PT Angkasa Pura I, Juanda, Heru Prasetyo mengatakan perluasan tersebut diperlukan mengingat semakin meningkatnya pergerakan penumpang.

"Pengembangan Terminal 1 merupakan keniscayaan mengingat dengan 62.700 meter persegi luas keseluruhan terminal. Aktual jumlah penumpangnya mencapai 15.68 juta sementara kapasitas ideal terminal untuk 6 juta penumpang per tahun," jelasnya, Selasa (26/02/2019).

Ia mengatakan pengembangan terminal 1 nantinya dibagi menjadi dua tahap.

Konsep desain pengembangan adalah perluasan bangunan dengan mentransformasi bentuk bangunan yang diperluas menjadi formasi arsitektural yang tampil lebih modern.

Nantinya pada tahap pertama, memperluas bangunan terminal 1 ke arah timur seluas 29.000 meter persegi sehingga total luasan menjadi 91.700 meter persegi. Dengan kapasitas penumpang 8.77 juta penumpang per tahun.

"Sedangkan pada tahap kedua, akan diperluas ke arah barat seluas 45.500 meter persegi. Sehingga keseluruhan kapasitas Terminal 1 akan menjadi 15.17 penumpang per tahun dengan luas 132.700 meter persegi," jelasnya.

Sebelumnya, pada tahun 2018 lalu Bandara Juanda juga telah menambah kapasitas sisi udara. Dengan penambahan fasilitas parkir pesawat sebanyak 7 buah yang dapat menampung 7 pesawat narrow body atau 3 pesawat wide body.

"Penambahan fasilitas parkir pesawat tersebut untuk menunjang kegiatan operasional. Juga sebagai bentuk dukungan kelancaran penerbangan delegasi pertemuan tahunan IMF di Bali, Oktober tahun lalu," tandasnya. Kukuh Kurniawan

Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved