Malang Raya

Jembatan Kedungkandang Kota Malang Ditargetkan Selesai Dibangun Tahun 2020

Pembangunan Jembatan Kedungkandang sangat mendesak setelah adanya rencana jalur tol yang dibuka pertengahan tahun 2019.

Surya
Jembatan Kedungkandang Kota Malang. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Pemkot Malang akan merampungkan proyek Jembatan Kedungkandang di tahun 2020. Wacana ini muncul saat Walikota Malang, Sutiaji menghadiri Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah Rencana Kerja DPUPR Kota Malang tahun anggaran 2020 di Hotel Savana, Rabu (27/2/2019).

Pembangunan Jembatan Kedungkandang sangat mendesak setelah adanya rencana jalur tol yang dibuka pertengahan tahun 2019. Jika Jembatan Kedungkandang tidak beroperasi, ancaman kemacetan parah terus menghantui. 

Tahun ini pembahasan rencana sudah tinggal finalisasi Detail Engineering Design (DED). “Penting sekali. Mau nggak mau tahun 2020 Jembatan Kedungkandang harus sudah dibangun karena operasional tol Juli ini,” tegas Sutiaji, Rabu (27/2/2019).

Ditambahkan Kepala Dinas PUPR Hadi Santoso, akan ada lelang pada Desember mendatang setelah DED selesai direview. Setelah lelang diselesaikan di 2019, maka 2020 jembatan sudah dilakukan pembangunannya.

Hal ini menjadi prioritas dalam rencana kerja PUPR di tahun depan.  “Yang jelas 2020 Jembatan Kedungkandang selesai bangun” tegasnya.

DPUPR berkoordinasi dengan Dishub kota malang untuk mengatur alur kendaraan jika tol nantinya dioperasikan. Dipaparkan Hadi, selama jembatan belum rampung, kendaraan besar seperti truk dan fuso sementara  waktu dilewatkan Karanglo melintas di Jl Raden Intan.

"Seperti sekarang ini jalurnya. Lewat tengah begitu. Kalau jembatan sudah jadi, nanti dipindahkan ke sana," paparnya.

Selain jembatan, pembangunan Islamic Centre juga dikebut di 2020. Direncanakan, di akhir tahun 2019 ini fisik dari Islamic Centre sudah terlihat jelas. 

Dikatakan Santoso, pembangunan fisik seperti Aula Serbaguna dan Museum Al-Quran rencananya menjadi fasilitas yang akan dibangun di tahun ini mengawali proyek Islamic Centre. 

Penulis: Benni Indo
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved