Malang Raya

Dispenduk Kabupaten Malang Sudah Terbitkan Sekitar 200 E-KTP & KK untuk Penganut Kepercayaan

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk) Kabupaten Malang sudah menerbitkan sekitar 200 e-KTP dan KK untuk penganut kepercayaan.

Dispenduk Kabupaten Malang Sudah Terbitkan Sekitar 200 E-KTP & KK untuk Penganut Kepercayaan
Tribunnews
Ilustrasi. 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk) Kabupaten Malang sudah menerbitkan sekitar 200 e-KTP dan Kartu Keluarga (KK) untuk penganut kepercayaan.

Ini dilakukan sebagai respon atas keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait masyarakat yang memeluk aliran kepercayaan atau penganut kepercayaan.

“Kami telah menerbitkan e-KTP dan KK untuk penganut kepercayaan di Kabupaten Malang.”

“Hal tersebut sebagai amanah dari MK untuk memfasilitasi hak mereka meiliki adminduk berdasarkan kepercayaanya,” terang Sri Meicharini, Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang kepada SURYAMALANG.COM, Kamis (28/02/2019).

Wanita yang akrab disapa Rini ini menambahkan penerbitan adminduk terhadap para penganut kepercayan juga sesuai Pasal 28E ayat 2 dan Pasal 29 ayat 2 UUD 1945.

Penganut  kepercayaan juga telah diakui dalam UU 23/2006, UU 24/2013, dan Permendagri 118/2017 tentang Blangko KK, Register dan Kutipan Akta Pencatatan Sipil.

Rini menyarankan warga yang belum melakukan perubahan terkait kolom kepercayaan bisa langsung ke Disependukcapil Kabupaten Malang.

Terdapat persyaratan yang harus dipenuhi. Yakni, menyertakan surat resmi dari perkumpulan atas kepastian yang valid akan keyakinan yang dianut.

“Hingga kini kami tidak menemukan masalah, bahkan mereka langsung bisa mengikuti perekaman E-KTP.”

“Persyaratan itu harus ada. Kalau tak ada ya tidak bisa ngurus,” bebernya.

Penulis: Mohammad Erwin
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved