Kabar Pasuruan

Sebanyak 7.000 Pengguna Jalan Ditilang Selama Sebulan Di Pasuruan

Kesadaran masyarakat atau pengguna jalan ini mulai meningkat. Buktinya, jumlah pelanggar tidak sebanyak yang dulu.

Sebanyak 7.000 Pengguna Jalan Ditilang Selama Sebulan Di Pasuruan
suryamalang.com/Galih Lintartika
Anggota Satlantas Polres Pasuruan saat merazia kendaraan bermotor. 

SURYAMALANG.COM, PASURUAN - Puluhan pengguna jalan yang melintas di Jalan Raya Pasuruan - Surabaya, Blawi, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan terjaring razia Satlantas Polres Pasuruan, Jumat (1/3/2019).

Mereka tak bisa menghindar dari razia ini. Para pengguna jalan yang tak membawa kelengkapan berkendara pun langsung dipinggirkan. Mereka langsung ditilang dan akan menjalani sidang tilang untuk membayar sanksi atas kelalaiannya tidak membawa kelengkapan berkendara.

Jenis pelanggarannya pun beragam. Mulai tidak membawa Surat Izin Mengengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan masih banyak lagi. Ada juga yang tidak menggunakan helm, tidak melengkapi kendaraannya dengan spion dan perlengkapan lainnya.

Bahkan, ada juga pengguna jalan yang plat nomor sepeda motornya itu sebenarnya peruntukan Aparatur Sipil Negara (ASN). Plat nomor belakangnya berkode RP yang sebenarnya untuk kendaraan dinas, tapi ini digunakan untuk kendaraan pribadi dan berplat hitam.

Untungnya, pengguna sepeda motor ini memiliki dan membawa surat - suratnya. Tak hanya itu, dalam razia kali ini, Satlantas Polres Pasuruan juga menyampaikan pesan keselamatan. Mengingatkan pengguna jalan untuk terus menggunakan atribut keselamatan berlalu lintas.

KRI Satlantas Polres Pasuruan, Iptu Meita AS menjelaskan, dalam dalam sebulan pihaknya menindak sekitar 7.000 pengguna jalan. Jika di break down, pengguna jalan yang ditilang ini beragam. Ada yang karyawan, pelajar, dan masih banyak lagi.

Tapi, kata dia, di satu sisi, kesadaran masyarakat atau pengguna jalan ini mulai meningkat. Buktinya, jumlah pelanggar tidak sebanyak yang dulu. "Kami akan terus kampanyekan dan gerakkan untuk tertib berlalu lintas di jalan," tuturnya. 

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved