Breaking News:

Kabar Mojokerto

Saat Dini Hari, Jenazah Non Muslim Dipindahkan dari Makam Islam ke TPU Desa Ngares Kidul

#MOJOKERTO - Kini, jenazah Nunuk dipindahkan dari makam Islam ke tempat pemakaman umum (TPU) Desa Ngares Kidul yang berada di Tanah Kas Desa (TKD).

Penulis: Danendra Kusuma | Editor: yuli
danendra kusuma - suryamalang.com
Lokasi makam Nunuk Suwartini di TPU Desa Ngares Kidul, Kabupaten Mojokerto. Jenazahnya dipindah dari makam semula yang memang khusus untuk warga muslim. 

SURYAMALANG.COM, MOJOKERTO - Polemik pemakaman jenazah Nunuk Suwartini yang non muslim sudah reda di Dusun Ngares Lor, Desa Ngares Kidul Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto.

Kini, jenazah Nunuk dipindahkan dari makam Islam ke tempat pemakaman umum (TPU) Desa Ngares Kidul yang berada di Tanah Kas Desa (TKD) yang berjarak sekitar 500 meter.

"Jenazah Nunuk dipindahkan Sabtu (2/3/2019) dini hari. Yang turut serta dalam pemindahan yakni tim ahli, PMI, Tim Identifikasi, Muspika, keluarga mendiang dan puluhan warga Desa Ngares Kidul," kata Kepala Desa Ngares Kidul, Mas'ud Sjuhud, di kediamannya, Senin (4/3/2019).

Dia mengungkapkan, jenazah Nunuk dipindahkan dini hari karena pertimbangan keluarga mendiang. Selain itu juga agar pemindahan jenazah Nunuk tidak diberitakan.

"Pemindahan dilakukan malam hari untuk menjaga keluarga dan jenazah dari pemberitaan. Selain itu, juga supaya pemindahan jenazah berjalan lancar. Pemindahan jenazah Nunuk di TPU direspons positif oleh warga. Sudah tidak ada yang menolak dan sudah kondusif. Pemindahan jenazah juga telah disetujui keluarga dan warga dengan membubuhkan tanda tangan di kertas," ungkapnya.

Dia menjelaskan, TPU Ngares Kidul masuk wilayah Dusun Ngares Wetan dan bersebelahan dengan Dusun Mulyosari, Desa Gembongan Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto.

"TPU nanti tak hanya untuk orang non muslim tetapi juga untuk orang muslim, kebhinekaanlah," cetusnya.

Lebih lanjut Mas'ud menjelaskan, Peraturan Kepala Desa terkait perubahan fungsi Tanah Kas Desa menjadi TPU juga sudah ditetapkan usai musyawarah beberapa hari yang lalu.

Luas Tanah Kas Desa yang dijadikan TPU yakni 400 meter persegi. Rencananya, secara bertahap pihaknya akan mengajukan dana pembangunan akses jalan ke TPU.

"Ini merupakan solusi jangka panjang, bila ada warga non muslim meninggal dunia tidak bingung tempat pemakaman lagi," ujarnya.

Sementara itu, Joko Suparno, warga Dusun Mulyosari, Desa Gembongan, Kabupaten Mojokerto tak mempermasalahkan apabila ada TPU di dekat dusunnya. Sebab, letak TPU berjarak 100 meter dari pemukiman.

"Kalau mengganggu tentu tidak karena keberadaan TPU jauh dari pemukiman," tandasnya. 

PETA - Desa Ngares Kidul Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved