Kabar Jember

Maling Motor Kepala Dusun di Jember Ternyata Dua Tetangga Baru, Sehari-hari Jarang Gaul

Nurkholis, Kepala Dusun Krajan Desa Ampel Kecamatan Wuluhan tersenyum lega saat bertemu wartawan di Mapolres Jember, Selasa (5/3/2019).

Maling Motor Kepala Dusun di Jember Ternyata Dua Tetangga Baru, Sehari-hari Jarang Gaul
sri wahyunik - suryamalang.com
MALING MOTOR - Triono Martha Bintara (26) warga Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan, dan Bagus (26) warga Dusun Krajan Desa Ampel Kecamatan Wuluhan, Jember. 

SURYAMALANG.COM, JEMBER - Nurkholis, Kepala Dusun Krajan Desa Ampel Kecamatan Wuluhan tersenyum lega saat bertemu wartawan di Mapolres Jember, Selasa (5/3/2019).

Sebab sepeda motor miliknya yang raib sebulan lalu kini sudah ditemukan, dan dikembalikan kepadanya melalui mekanisme pinjam pakai.

"Sepeda motor hilang pas sebulan lalu. Alhamdulillah hari ini dikembalikan setelah polisi berhasil menangkap pelakunya. Ternyata pelakunya tetangga sendiri, warga saya sendiri," kata Nurkholis sambil geleng-geleng kepala.

Komplotan pencuri sepeda motor milik Nurkholis ada dua orang, yakni Triono Martha Bintara (26) warga Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan, dan Bagus (26) warga Dusun Krajan Desa Ampel Kecamatan Wuluhan. Bagus ini tidak lain warga dusun yang dikepalai Nurkholis.

"Ya kenal sama orangnya. Orangnya memang pendiam, dan nggak begitu srawung sama tetangga. Baru pindah ke dusun saya setahun terakhir ini," tutur Nurkholis yang akrab dipanggil Pak Kampung (kepala dusun) itu.

Dia tidak menyangka jika motornya diembat oleh tetangganya sendiri. Sebab tidak ada desas-desus perihal track-record tetangganya sebagai pelaku tindak kriminalitas. Karenanya, dirinya tidak mencurigai sang tetangga.

Sepeda motor milik Nurkholis raib saat diparkir di teras rumahnya. Sepeda itu raib sekitar pukul 23.30 Wib.

"Memang malam hari saya parkir di teras rumah, dan pintu rumah juga terbuka karena saya memang mau keluar. Mau patroli kampung sama teman-teman Forum Keamanan. Saya tinggal masuk rumah sebentar, ee lha malah sepeda saya hilang. Mau patroli kampung malah sepeda hilang," tuturnya sambil menertawakan nasibnya.

Kini dia bersyukur sepeda lamanya sudah kembali ke tangannya.

"Terimakasih untuk Polres Jember, Polsek Jenggawah, Wuluhan, dan Balung yang telah menangkap komplotan pencuri ini, termasuk berhasil menangkap pencuri motor saya dan akhirnya kembali," imbuhnya.

Selain sepeda motor milik Nurkholis, ada lima unit motor lain yang juga disita polisi dari komplotan Triono dan Bagus. Triono dan Bagus ditengarai mencuri sepeda motor di sejumlah tempat di Kecamatan Jenggawah, Wuluhan, dan Balung.

Keduanya beraksi memakai Kunci T dan menyasar sepeda motor yang diparkir di halaman atau tepi jalan.

Kedua orang ini memiliki enam orang lain yang biasa membeli sepeda motor hasil kejahatan mereka. Keenam orang penadah itu juga ikut dibekuk polisi.

"Ada dua orang pemetik (pencuri motor), dan enam orang penadah. Enam unit motor hasil curian yang kami amankan, dan satu unit motor sebagai sarana kejahatan kami ikut sita," kata Wakapolres Jember Kompol Bagus Ikhwan C dalam rilis di Mapolres Jember, Selasa (5/3/2019).

Dua orang pencuri sepeda motor dijerat memakai Pasal 363 KUHP tentang Pencurian, dan enam orang penadah dijerat memakai Pasal 480 karena memiliki barang hasil tindak kejahatan.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved