Malang Raya

Wadahi Potensi Wirausaha, Unikama Kota Malang Kembangkan Inkubator Bisnis

Unit ini dibentuk untuk mewadahi potensi kewirausahaan civitas akademika Unikama dan masyarakat luas. Terutama dalam perkembangan di era milenial.

Wadahi Potensi Wirausaha, Unikama Kota Malang Kembangkan Inkubator Bisnis
suryamalang.com/Benni Indo
Kepala Pusat Bisnis dan Kewirausahaan Unikama, Jacob Win 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) membentuk Pusat Bisnis dan Kewirausahaan. Unit ini dibentuk pada Februari lalu.

Kepala Pusat Bisnis dan Kewirausahaan Unikama, Jacob Win mengatakan, unit ini dibentuk untuk mewadahi potensi kewirausahaan civitas akademika Unikama dan masyarakat luas. Apalagi dalam perkembangan di era milenial saat ini, potensinya terbuka luas.

Di dalam Pusat Bisnis dan Kewirausahaan ini ada dua unit lagi, yakni unit inkubator bisnis dan pengembangan kewirausahaan.

"Tugasnya memberikan pelatihan dan pendampingan, baik untuk civitas akademika, juga untuk masyarakat. Terutama untuk UKM," ujar Jacob, Kamis (7/3/2019).

Nantinya, menurut Jacob, akan dipetakan dan disaring mahasiswa mana yang sudah membuat startup dan belum. Bagi yang sudah, akan mendapatkan pendampingan. Nantinya juga akan diarahkan pada permodalan dan pemasaran. Sementara yang belum, akan diberikan motivasi dan arahan agar memiliki wawasan.

“Jadi yang pertama melihat potensi para milenial. Kota Malang kan Kota Kreatif, di situ akan banyak startup yang bermunculan. Menanggapi fenomena seperti itu, kami melihat potensi kami khususnya yang teertarik dengan wirausaha,” ujar Jacob.

Dikatakan Jacob, Unikama juga memiliki aset yaitu sejumlah dosen yang telah terjun langsung di kewirausahaan. Untuk itulah, aset itu akan dimanfaatkan.

“Aset seperti itulah membuat kami aware untuk mendukung. Saat ini masih sebatas pendidikan formal karena kami sendiri baru berdiri Februari kemarin,” katanya.

Unikama saat ini telah menjalin kerjasama dengan Indonesia Startup Founder dan beberapa industri UMKM di Kota Malang. Bahkan rencananya Unikama akan menyelenggarakan event pada Maret mendatang, yakni event E Sport.

“Pastinya memang goal dari pusat ini adalah mengangkat kesejahteraan masyarakat. Khususnya di Kota Malang dengan memberdayakan aset yang ada di Unikama,” tuturnya. 

Penulis: Benni Indo
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved