Kabar Jember

Bakal Menjadi Rekor MURI, Pemkab Jember Fasilitasi 3.000 Pasang Gratis Air Bersih PDAM

Akses air bersih harus bisa dinikmati oleh masyarakat luas, terutama masyarakat berpenghasilan rendah.

Bakal Menjadi Rekor MURI, Pemkab Jember Fasilitasi 3.000 Pasang Gratis Air Bersih PDAM
suryamalang.com/Sri Wahyunik
Bupati Jember Faida bersama rombongan manajemen PDAM Jember. 

SURYAMALANG.COM, JEMBER - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember menargetkan PDAM Jember memasang 3.000 sambungan baru bagi masyarakat berpenghasilan rendah tahun 2019 ini. Bupati Jember, Faida menegaskan, akses air bersih harus bisa dinikmati oleh masyarakat luas, terutama masyarakat berpenghasilan rendah.

Penegasan ini disampaikan Bupati Faida usai bertemu dengan jajaran Manajemen PDAM Jember di Pendapa Wahyawibhawagraha, Jember, Jumat (8/3/2019).

"Kami punya target sasaran akses untuk air minum, air bersih harus dinikmati masyarakat yang membutuhkan," ujar Faida.

Faida menjelaskan, beberapa sasaran kelompok yang mendapatkan fasilitas sambungan gratis air bersih dari pemerintah daerah itu. Mereka adalah keluarga miskin, keluarga difabel, keluarga dengan balita stunting, dan keluarga gizi buruk.

"Kenapa sambungan gratis ini untuk kelompok itu, karena mereka membutuhkannya," tegas Faida.

Penyambungan baru nanti akan digratiskan. Masyarakat, lanjut Faida, terkadang keberatan dengan biaya pemasangan air baru karena cenderung mahal. Sementara untuk tagihan per bulan relatif murah dan terjangkau oleh konsumen.

Pemasangan baru itu, kata Faida, nantinya juga menyasar kepada guru ngaji, rumah takmir masjid, keluarga hafidz dan hafidzah, juga rumah warga Lansia.

Direktur Utama PDAM Jember, Ady Setiawan menambahkan, program sambungan gratis PDAM tersebut menyasar wilayah yang telah tersedia jaringan dan air baku PDAM. "Layanan ada di sembilan kecamatan yang sudah ada pelayanan PDAM," terang Ady.

PDAM Jember, kata Ady, terus mengupayakan perluasan cakupan pelayanan. Nantinya diharapkan, pelayanan air bersih PDAM bisa mencakup keseluruhan kecamatan di Jember yakni 31 kecamatan.

Sementara itu, untuk kriteria masyarakat yang berhak mendapatkan manfaat program penyambungan air bersih secara gratis adalah keluarga miskin, rumah dengan satu lantai, dan daya listrik 450/900. Persyaratan lainnya terkait dengan beberapa kelompok masyarakat yang mendapatkan apresiasi dari pemerintah seperti takmir masjid, guru ngaji, dan lainnya.

"Paling utama adalah keluarga dengan balita stunting. Itu kami utamakan karena itu masuk di dalam data basis nasional untuk mengurangi tingkat stunting," tegas Ady.

Pemasangan saluran PDAM gratis di Kabupaten Jember ini, lanjutnya, akan masuk rekor Muri sebagai pemasangan gratis terbanyak di Indonesia. 3.000 sambungan baru ini akan menggunakan penyertaan modal dari APBD sebesar Rp 10 miliar.

Ady mengharapkan, melalui program ini masyarakat semakin bisa menggunakan air bersih secara baik, dan meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved