Malang Raya

KPU Kabupaten Malang Temukan 49 Surat Suara Rusak

KPU Kabupaten Malang menemukan 49 surat suara rusak saat melakukan penyortiran di gudang Logistik KPU Kabupaten Malang di Jalan Raya Karangpandan

KPU Kabupaten Malang Temukan 49 Surat Suara Rusak
SURYAMALANG.COM/Mohammad Erwin
Petugas penyortiran surat suara KPU Kabupaten Malang menemukan surat suara yang rusak di gudang KPU Kabupaten Malang. 

SURYAMALANG.COM, PAKISAJI - KPU Kabupaten Malang menemukan 49 surat suara rusak saat melakukan penyortiran di gudang Logistik KPU Kabupaten Malang di Jalan Raya Karangpandan, Kecamatan Pakisaji, sejak Kamis (7/3/2019).

Ketua KPU Kabupaten Malang, Santoko menjelaskan surat suara yang rusak meliputi berlubang, sobek dan kondisi potongan yang tidak sempurna.

Secara rinci Santoko menerangkan, surat suara rusak tersebut di antaranya adalah, surat suara DPR RI sebanyak 18 lembar, surat suara DPD terdapat 9 lembar. Terakhir, surat suara DPRD Kabupaten Malang ada 3 lembar.

Terkait potensi ditemukannya surat suara rusak pada proses penyortiran selanjutnya, Santoko tak menampik hal tersebut.

"Hingga kini, (Minggu) kami masih melakukan penyortiran sejak Kamis lalu hingga 30 hari kedepa. Untuk surat suara yang rusak memang kami sendirikan. Sedangkan yang tidak rusak ya langsung kami lakukan pelipatan," terang Santoko ketika dikonfirmasi, Minggu (10/2/2019).

Terkait adanya kerusakan, Santoko menerangkan pihaknya tak terlalu khawatir. Karena terdapat surat suara cadangan.

Kini, KPU Kabupaten Malang terus berpacu dengan waktu untuk menyelesaikan proses penyortiran dan pelipatan surat mengingat waktu pelaksanaan Pemilu semakin dekat. Tepatnya, dilaksanakan pada 17 April 2019 mendatang.

Selanjutnya Dia menjelaskan secara rinci jumlah surat suara yang rusak tersebut.

Terdapat 10 juta surat surat suara yang akan disortir dan dilipat oleh pihakanya mulai hari ini. Dibantu oleh 100 pekerja sortir, Santoko optimis proses pelipatan dan sortir surat suara bisa terselesaikan dalam waktu 30 hari kedepan.

Agar lebih efisien, skema‚Äč pengerjaan sortir dan pelipatan diselesaikan per kecematan terlebih dahulu.

Jika satu kecamatan sudah selasai, kemudian akan didistribusikan langsung ke PPK kecamatan yang bersangkutan. Sebelum distribusi ke tingkat PPS, Santoko menerangkan pihaknya masih berfokus ke tingkat PPK.

"Ada 10 juta surat suara, Itu hitungan sudah termasuk surat suara pilpres. Yang kami kerjakan kini empat jenis surat yakni ada 8 juta surat suara. Setiap hari kami menargetkan pengerjaan 250 ribu sampai 500 ribu surat suara. Kami optimis dapat kami laksanakan secepatnya," jelas Santoko.

Santoko menyadari bahwa proses sortir dan pelipatan surat suara di Kabupaten Malang, pihaknya membutuhkan waktu.

Penulis: Mohammad Erwin
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved