Breaking News:

Universitas Brawijaya

Deputi Gubernur Bank Indonesia Beri Kuliah Umum di FEB Universitas Brawijaya (UB) Malang

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Dody Budi Waluyo, memberi kuliah tamu di Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Brawijaya (UB) Malang, Selasa

Penulis: Sylvianita Widyawati | Editor: yuli
sylvianita widyawati
Suasana kuliah umum Deputi Gubernur BI, Dody Budi Waluyo di FEB Universitas Brawijaya Malang dipandu Prof Chandra Fajri Ananda SE MSc PhD, Selasa (12/3/2019). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Dody Budi Waluyo, memberi kuliah umum di Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Brawijaya (UB) Malang, Selasa (12/3/2019).

Acara dipandu oleh Gubes UB, Prof Chandra Fajri Ananda SE MSc PhD yang juga mantan Dekan FEB UB.

"Harapan saya, mahasiswa yang ikut kuliah tamu bisa mendapatkan informasi yang update," kata Chandra. Selain itu diharapkan BI Corner di perguruan tinggi, bukunya juga update agar mahasiswa mengetahui perubahan yang terjadi. Sebab bekerja di sektor perbankan sudah sangat turun prospeknya karena digitalisasi.

Dijelaskan Dody, istilah bauran kebijakan diangkat sejak 2018. "Kita kumandangkan kebijakan konvensional moneter tidak lengkap jika tidak didampingi kebijakan lain," jelas dia. Karena itu salah satu tugasnya di BI adalah berdiskusi dengan bank sentral negara lainnya.

Namun tidak dekat dengan negara tertentu karena tidak sama efektifnya. Sehingga pilihan BI adalah yang penting nilai berpikirnya keluar dari sistem kebijakan konvensional untuk dibaurkan dengan negara lain.

Dikatakan sesuai mandat dari UU BI, maka tugasnya adalah menjaga inflasi rendah dan rupiah stabil. Hal itu kemudian dibaurkan pada kebijakan lain. Jika inflasi rendah, suku bunga terjaga, maka dampaknya pada stabilitas keuangan. Stabilitas keuangan sama dengan stabilitas moneter.

Jika keuangan tidak stabil, perbankan bermasalah, maka terjadi ketidakefektifan di moneter. Di dalam gambaran bauran tugas pokok itu, BI melakukan kebijakan prudensial. Sejauh ini UU BI belum diamandemen. Sehingga menjalankan apa yang diamanatkan di UU.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved