Kabar Trenggalek

Plt Bupati Trenggalek Siap Membantu Mengembangkan Wisata Jalur Dermosari-Ponorogo

Sejauh ini tidak ada kendala pelebaran jalur alternatif ini, termasuk dengan Perhutani yang juga mempunyai lahan.

Plt Bupati Trenggalek Siap Membantu Mengembangkan Wisata Jalur Dermosari-Ponorogo
suryamalang.com/David Yohanes
Jalan Desa Dermosari, Kecamatan Tugu yang menjadi jalur alternaif ke Kabupaten Ponorogo. 

SURYAMALANG.COM, TRENGGALEK - Warga Desa Dermosari Kecamatan Tugu berharap, jalan alternatif Trenggalek-Ponorogo lewat desa mereka lekas bisa terwujud. Selain bisa memotong jalur lebih pendek, jalur ini juga berpotensi mengangkat potensi wisata, serta ekonomi warga.

Camat Tugu, Budianto mengatakan, kemungkinan tahun 2019 akan dituntaskan pembebasan lahannya. Sejauh ini tidak ada kendala pelebaran jalur alternatif ini, termasuk dengan Perhutani yang juga mempunyai lahan.

“Pembebasan lahan dilakukan oleh Pemprov Jatim. Ke depan jalannya selebar 12 meter, jalurnya juga bersahabat, tidak curam," ujar Budianto.

Lanjutnya, jalan ini mempunyai nilai strategis. Bukan sekedar jalur alternatif saat ada longsor di jalan nasional, namun jalur ini akan menjadi jalur vital untuk ekonomi warga setempat.

Plt Bupati Trenggalek, Muchammad Nur Arifin atau Gus Ipin mengatakan, Pemkab Trenggalek mempunyai program bantuan keuangan untuk desa yang berprestasi.

Bantuan Keuangan Khusus Desa ini besarannya bisa bervariasi, bisa Rp 200 juta hingga Rp 400 juta.

Karena itu jika jalan ini nantinya sudah jadi, dan ada rintisan wisatanya, Gus Ipin berharap pihak desa mengikutkan dalam lomba inovasi desa.

Jika dinilai layak, maka Pemkab akan memberikan Bantuan Keuangan Khusus Desa. Bantuan ini bisa digunakan untuk mengembangkan ekonomi warga setempat.

“Bantuan ini sebagai wujud apresiasi Pemkab kepada masyarakat desa, karena warganya gotong royong membangun ekonomi di tingkat desa,” ujar Gus Ipin.

Pemkab Trenggalek di bawah M Nur Arifin tengah giat menggali potensi wisata, terutama yang selama ini belum terekspose. Dengan menggunakan tagar #ilovetrenggalek dan #MNA Gus Ipin rajin memromosikan setiap potensi wisata yang pernah dikunjungi.

Penulis: David Yohanes
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved