Kabar Pasuruan

Polres Pasuruan Kota Kecolongan, 4 Tahanan Kabur saat Proses Pemeriksaan

Polres Pasuruan Kota kecolongan. Empat tahanan kasus narkoba yang sedang menjalani proses pemeriksaan diduga kabur dari sel tahanan

Polres Pasuruan Kota Kecolongan, 4 Tahanan Kabur saat Proses Pemeriksaan
theguardian.com
Ilustrasi 

SURYAMALANG.COM, PASURUAN - Polres Pasuruan Kota kecolongan. Empat tahanan kasus narkoba yang sedang menjalani proses pemeriksaan diduga kabur dari sel tahanan. Kejadian itu terjadi, Jumat (22/3/2019) dinihari.

Saat itu, empat tahanan, sebut saja S, dan tiga temannya melihat celah pengamanan dan pengawasan di sel tahanan yang tidak seketat biasa. Akhirnya, mereka memanfaatkan celah itu untuk meninggalkan sel tahanan.

Informasinya, mereka merusak jeruji besi yang sudah berkarat itu. Mereka merusak satu jeruji besi dan keluar meninggalkan sel tahanan. Diawali dari S, dan diikuti oleh tiga temannya lainnya.

Saat itu, penjagaan memang sedang longgar. Dari jumlah personel yang menjaga sel tahanan juga berkurang. Normalnya dua, hanya dijaga anggota shabara satu orang. Karena anggota yang satu izin tidak dinas karena sakit.

Nah satu orang yang berjaga pun diduga kuat tidak mengawasi secara seksama tahanan yang ada di dalam sel. Kejadian itu baru saja ketahuan saat pagi hari. Saat over penjagaan, jumlah tahanan pun berkurang. Empat tahanan hilang.

Kasubaghumas Polres Pasuruan Kota AKP Endy P membenarkan kabar kaburnya empat tahanan. Ia mengakui hal itu. Namun, ia memastikan bahwa anggota yang berjaga saat itu sudah bekerja maksimal.

"Sudah sesuai SoP. Tidak benar kalau disebutkan anggota ketiduran saat berjaga. Mereka berjaga di depan, nah para tahanan ini kabur dari jalan belakang. Baru ketahuan setelah pagi itu, ada yang kurang jumlahnya," katanya saat dihubungi Surya, Minggu (24/3/2019).

Ia menegaskan, saat ini, pihaknya sedang mengejar empat tersangka ini. Ia menyebut, paska dinyatakan kabur, semua tim dari Satresnarkoba, Satreskrim dan tim lainnya langsung turun untuk melakukan pengejaran para tahanan tersebur.

"Mudah - mudahan bisa segera ditangkap. Untuk S, ini bukan hanya narkotika, ia juga terlibat kasus curas. Makanya, kami berusaha menangkapnya kembali dan tiga temannya," jelasnya.

Endy menerangkan, saat ini, pihaknya akan meningkatkan sistem pengamanan yang ada di sel tahanan ini. Ia mengaku, Polres sudah memperbaiki satu jeruji yang dirusak oleh para tahanan ini.

"Yang bengkok sudah kami perbaiki. Kami juga sudah pasang CCTV di sel tahanan. Jumlahnya ada dua, dan kemarin merekam semua aksi tahanan ini kabur. Jadi mereka merusak jeruji dengan cara menendangnya. Kami berharap ini kejadian pertama dan tidak ada kejadian lagi ke depannya," pungkas dia. 

Penulis: Galih Lintartika
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved