Rumah Politik Jatim

Jaga Netralitas, Kepala OPD Di Pemkot Blitar Diminta Awasi Ketat ASN Di Musim Kampanye Pemilu

BKD Kota Blitar mengimbau seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkot Blitar menjaga netralitas di musim kampanye Pemilu 2019.

Jaga Netralitas, Kepala OPD Di Pemkot Blitar Diminta Awasi Ketat ASN Di Musim Kampanye Pemilu
suryamalang.com/Samsul Hadi
Para ASN ketika hendak mengikuti apel di Kantor Wali Kota Blitar. 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Blitar mengimbau seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkot Blitar menjaga netralitas di musim kampanye Pemilu 2019. BKD melarang para ASN ikut kampanye pada Pemilu 2019.

"Semua ASN dilarang ikut kegiatan partai politik di Pemilu, termasuk ikut kampanye. Sekarang sedang musim kampanye," kata Kepala BKD Kota Blitar, Suyoto, Jumat (29/3/2019).

Suyoto mengatakan, larangan ASN ikut kegiatan polotik sudah diatur dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN dan PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen ASN. Selain itu, juga ada surat edaran (SE) dari Mendagri dan Menpan RB terkait netralitas ASN dalam Pemilu.

"Kami sudah mengirim surat edaran ke masing-masing OPD soal netralitas ASN dalam Pemilu," ujar Suyoto.

Suyoto juga meminta kepala OPD untuk ikut mengawasi para pegawainya selama pelaksanaan kampanye berlangsung. Kalau ada ASN yang terlibat kampanye, kepala OPD diminta segera melapor ke BKD. BKD akan mengklarifikasi kebenarannya.

Kalau ada ASN yang melanggar, BKD akan berkoordinasi dengan Bawaslu. Bawaslu yang akan menindaklanjuti dengan membuat surat laporan yang ditujukan ke Komisi ASN (KASN). KASN akan mengeluarkan rekomendasi kepada kepala daerah terkait sanksi yang diberikan ke ASN itu.

"Sanksinya sesuai dengan tingkat pelanggaran yang dilakukan ASN itu. Untuk pengawasannya, kami juga berkoordinasi dengan Bawaslu," katanya.

Ketua Bawaslu Kota Blitar, Bambang Arintoko mengatakan, Bawaslu juga sudah mengirim surat imbauan ke Pemkot Blitar terkait netralitas ASN dalam Pemilu. Selain itu, Bawaslu juga akan melakukan pengawasan secara melekat ke para ASN. Caranya, Bawaslu akan hadit tiap ada kampanye terbuka.

"Sejauh ini belum ada laporan atau temuan soal ASN yang terlibat ikut kampanye di Kota Blitar," katanya.

Sekadar diketahui, kampanye terbuka Pemilu 2019 dimulai pada 24 Maret 2019 sampai 13 April 2019. KPU Kota Blitar sudah menetapkan 14 titik lokasi untuk kampanye terbuka di Kota Blitar.

Sejumlah titik lokasi kampanye itu dibagi di tiga kecamatan di Kota Blitar. Rinciannya, enam titik di Kecamatan Sukorejo, lima titik di Kecamatan Kepanjenkidul, dan tiga titik di Kecamatan Sananwetan. KPU juga melarang kegiatan konvoi dalam kampanye. Selain itu, kegiatan kampanye juga tidak boleh melibatkan ASN dan anak-anak.

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved