Rumah Politik Jatim

Kampanye Kurang Dari Sebulan, FKJ Jatim Ajak Masyarakat Jangan Golput: Pilih Jokowi Saja

Forum Kebangsaan merupakan organisasi relawan yang terdiri para tokoh lintas iman dan beberapa komunitas anak muda.

Kampanye Kurang Dari Sebulan, FKJ Jatim Ajak Masyarakat Jangan Golput: Pilih Jokowi Saja
suryamalang.com/Bobby Constantine Koloway
Forum Kebangsaan Jawa Timur mendeklarasikan dukungan kepada Calon Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin dalam rangkaian Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di Surabaya. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Relawan pendukung Jokowi-Ma'ruf di Jawa Timur kembali bertambah. Kali ini kelompok relawan bernama Forum Kebangsaan mendeklarasikan dukungan kepada pasangan calon nomor urut 01 tersebut.

Forum Kebangsaan merupakan organisasi relawan yang terdiri para tokoh lintas iman dan beberapa komunitas anak muda. Saat ini, Forum Kebangsaan telah terbentuk di 25 provinsi, termasuk di Jawa Timur.

Di Jawa Timur, Forum Kebangsaan telah memiliki organisasi di 35 daerah dari total 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. Berlangsung di Surabaya, deklarasi pun dilakukan dalam rangkaian Rapat Kerja Daerah (Rakerda), Jumat (29/3/2019).

Ketua Umum Forum Kebangsaan, Sumardi menjelaskan, mesin pemenangan pihaknya akan bekerja ekstra di sisa waktu kampanye. Sekalipun, kampanye menyisakan waktu sekitar dua pekan.

"Organisasi ini merupakan relawan dari lintas agama. Termasuk beberapa organisasi pemuda, sehingga cukup efektif," ujar Sumardi di sela acara deklarasi.

Sumardi menambahkan, alasan pihaknya mendeklarasikan dukungan tersebut karena prestasi Presiden Joko Widodo yang dinilai sukses memimpin di periode pertama. Di antaranya, sukses menjaga persatuan antar umat beragama.

"Kami tidak ingin bangsa ini terpecah belah. Oleh karena itu, kaum muda berinisiatif untuk memberikan sumbangsih berupa dukungan kepada Jokowi-Ma'ruf," katanya.

Oleh karenanya, deklarasi tersebut menjadi bentuk penegasan pihaknya dalam memberikan dukungan. "Kami perlu memperjelas posisi kami sehingga kami bisa menggerakkan mesin pemenangan," kata politisi Partai Golkar ini.

"Sehingga, bagi kami tidak ada yang terlambat. Selama memberikan kebaikan untuk bangsa, tidak ada kata terlambat," tegas calon legislatif Partai Golkar dari Dapil Jatim 2 untuk DPRD Jatim ini.

Deklarasi tersebut diikuti oleh ratusan anggota Forum Kebangsaan Jatim yang juga delegasi dari 35 kabupaten/kota. Dalam deklarasi tersebut, juga diisi dengan pernyataan sikap untuk anti hoax, anti radikalisme, dan anti golput.

"Kami akan secara konkret datang ke masyarakat untuk tidak golput dan menggunakan hak pilihnya untuk memilih Pak Jokowi," tegas Libertus Atmawijaya, Sekretaris Forum Kebangsaan Jatim menambahkan.

Pihaknya menemukan beberapa kasus di lapangan yang menyebut adanya kekawatiran beberapa pihak untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). "Kami mendengar isu beberapa pihak yang masyarakat agar tidak datang ke TPS," kata Libertus.

Pihaknya menegaskan masyarakat untuk tidak kawatir dengan tetap datang ke TPS pada hari H pemungutan suara, 17 April 2019 mendatang. "Ada teror dan gerakan kepada kaum minoritas untuk tidak datang ke TPS. Oleh karena itu, kami meminta Forum Kebangsaan di Jatim agar door to door datang ke rumah-rumah untuk menggunakan hak pilihnya," tuturnya.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved