Breaking News:

Kabar Blitar

Antisipasi Lonjakan Penumpang, KAI Daop VII Perluas Ruang Tunggu Di Stasiun Kota Blitar

PT KAI memperluas ruang tunggu dan menambah selasar di dalam stasiun untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada angkutan Lebaran.

suryamalang.com/Samsul Hadi
Penambahan selasar sepanjang 150 meter untuk ruang tunggu di dalam Stasiun Kota Blitar. 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - PT KAI merenovasi Stasiun Blitar menjelang angkutan Lebaran 2019. PT KAI memperluas ruang tunggu dan menambah selasar di dalam stasiun untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada angkutan Lebaran.

"Selain meningkatkan pelayanan, kami juga menambah kapasitas bangunan di Stasiun Blitar. Sekarang proses pembangunan, targetnya sebelum angkutan Lebaran sudah selesai," kata Manager Humas Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko, Minggu (31/3/2019).

Ixfan menjelaskan, ada beberapa bangunan di Stasiun Blitar yang direnovasi. Misalnya, akses masuk dan keluar stasiun yang sebelumnya berupa tanah kini sudah diaspal. Lantai zona satu atau pintu utama masuk stasiun yang sebelumnya keramik juga diganti dengan granit.

Selain itu, PT KAI juga memperluas ruang tunggu di zona satu juga diperluas. Rencananya, ruang tunggu di zona satu juga akan ditambahi patung Bung Karno. Patung Bung Karno ini sebagai identitas Kota Blitar.

"Kalau sebelumnya hanya foto Bung Karno, sekarang kami tambah dengan patung Bung Karno. Patung Bung Karno kami letakkan di ruang tunggu utama stasiun," ujar Ixfan.

Dikatakannya, di bagian dalam, PT KAI juga menambah selasar untuk ruang tunggu kereta datang. Panjang selasar sekitar 150 meter. Di salasar itu ditambahi bangku untuk duduk para penumpang. "Selasar di bagian dalam ini baru, panjangnya sekitar 150 meter," katanya.

Menurutnya, penambahan sejumlah fasilitas di Stasiun Blitar itu untuk menghadapi angkutan Lebaran 2019. Dia memperkirakan akan terjadi peningkatan penumpang kereta api di wilayah Daop 7 Madiun. Dia memperkirakan peningkatan penumpang pada angkutan Lebaran 2019 sekitar tiga persen.

"Peningkatan tiga persen itu sekitar 10.000 penunpang. Itu di wilayah Daop 7 Madiun termasuk di Stasiun Blitar," ujarnya.

Tak hanya itu, PT KAI juga sedang memperbaiki jalur kereta di stasiun. PT KAI mengganti bantalan dan batu pada rel kereta api. Perbaikkan jalur kereta api juga ditargetkan selesai sebelum angkutan Lebaran. "Tapi, perbaikan jalur kereta di stasiun tidak mengganggu perjalanan kereta," tuturnya. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved