Malang Raya

Sanusi Ambisi Majukan Pertanian di Kabupaten Malang

Pemkab Malang akan terus memajukan sektor pertanian di Kabupaten Malang.

Sanusi Ambisi Majukan Pertanian di Kabupaten Malang
SURYAMALANG.COM/M Erwin
Plt Bupati Malang, Muhammad Sanusi mengunjungi Kawasan Edu Wisata Padi Desa Banjararum, Kecamatan Singosari, Senin (1/4/2019). 

SURYAMALANG.COM, SINGOSARI – Pemkab Malang akan terus memajukan sektor pertanian di Kabupaten Malang.

“Kami sudah ajukan kepada gubernur untuk tahun ini, soal pembangunan dam di Desa Kedung Banten.”

“Nah kalau nanti sudah disetujui, itu (dam) bisa mengaliri 350 hektare lahan pertanian di Sumbermanjing wetan,” terang M Sanusi, Bupati Malang usai mengunjungi Kawasan Edu Wisata Padi Desa Banjararum, Kecamatan Singosari, Senin (1/4/2019).

Sanusi menambahkan pihaknya berencana membuka 100 hektare lahan pertanian di Kecamatan Jabung.

Untuk mewujudkannya, Pemerintah Kabupaten Malang berupaya melakukan pembicaraan terlebih dahulu dengan Dirjen Pertanian, Kementrian Pertanian RI.

“Tujuannya adalah mengganti lahan-lahan pertanian yang kini sudah banyak yang alih fungsi jadi industri wisata ataupun infrastruktur,” ucap Sanusi.

Sanusi juga mengapreasiasi kinerja Pemerintah Desa dan para petani Kelompok Tani Morodadi Desa untuk mengembangkan pertaniannya.

Sanusi berharap tingkat produktifitas pertanian setempat meningkat dengan keunggulan menjadi 15 ton per hektar untuk sekali panen.

“'Saya juga menginginkan lahan pertanian ini juga dikonsep tidak jauh dengan Cafe Sawah Pujon Kidul yakni menjadi pertanian edukasi.”

“Kami siapkan edukasi wisata di sini dengan juga menggandeng Universitas Brawijaya dan Universitas Islam Malang sehingga ketika ada pertukaran pelajar bisa belajar disini dengan lahan 30 hektar,” ungkap Sanusi.

Halaman
12
Penulis: Mohammad Erwin
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved