Malang Raya

Kepala Bakorwil Ingin Pertemukan Sutiaji dan Sanusi Bahas PDAM

Kepala Bakorwil III Benny Sampir Wanto ingin mempertemukan Wali Kota Malang Sutiaji dengan Plt Bupati Malang Sanusi

Penulis: Benni Indo | Editor: yuli
edgar
Pelantikan empat direksi baru PDAM Kota Malang oleh Wali Kota Malang, Sutiaji pada Senin (1/4/2019). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN – Kepala Bakorwil III Benny Sampir Wanto ingin mempertemukan Wali Kota Malang Sutiaji dengan Plt Bupati Malang Sanusi dalam upaya menyelesaikan persoalan sumber air yang dimafaatkan untuk PDAM. Dikatakan Benny, memang masih belum ada titik temu antar kedua belah pihak.

“Jadi begini, bu gubernur ketika kunjungan ke sini meminta kami ingin bertiga saja. Wali kota, plt bupati, kami bicarakan bertiga. Setelah itu hasilnya kami bertiga menghadap gubernur,” kata Benny, Selasa (2/4/2019).

Benny ingin dalam waktu dekat ini kedua kepala daerah bisa dipertemukan. Pertemuan keduanya ini dilakukan setelah sebelumnya, pihak Pemkot Malang dan Pemkab Malang bertemu di Bakorwil III. Namun pertemuan sekitar sebulan yang lalu itu tidak mempertemukan kedua kepala daerah.

“Kami masih mencari waktu pak wali bisanya kapan, bupati kapan. Nanti kami undang keduanya, dan bertiga untuk membicarakan itu,” terangnya.

Kata Benny, dipertemukannya kedua kepala daerah karena keduanya memiliki kendali untuk mengeluarkan kebijakan. Sementara di tataran teknis, bisa diselesaikan di masing-masing wilayah.

Meskipun PDAM Kota Malang baru saja memiliki direktur utama yang definitif, menurut Benny itu tidak berpengaruh banyak. Pasalnya, jajaran direksi hanya menjalankan teknis kebijakkan yang dibuat oleh kepala daerah.

 “Maka yang saya pegang ini, komitmen bersama guyub dan rukun. Kalau sudah ada solusi, kami sampaikan. Kalau ini sudah kebijakkan, jadi itu solusinya yang kami bicarakan bertiga. Intinya belum ada titik temu antara Pemkot dan Pemkab. Jadi sekarang hanya tinggal menunggu Wali Kota dan Bupati,” terangnya.

Beberapa waktu lalu mencuat kembali konflik baru tentang pengelolaan sumber air. Warga di kawasan sumber air Wendit, Mangliawan, Pakis melakukan somasi. Mereka membuat somasi yang ditembuskan ke Presiden RI, Kementerian PUPR, Gubernur Jatim, Polda Jatim sampai Polres dan Polresta Malang, Wali Kota Malang dan Bupati Malang sampai Pemerintah Kecamatan Pakis. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved