Kabar Jember

Ribuan Orang Penerima Sambungan Air Gratis Ikuti Kongres Air Minum Di Jember

Kongres Air itu ditandai dengan peluncuran program penyambungan gratis PDAM sebanyak 4.000 sambungan.

Ribuan Orang Penerima Sambungan Air Gratis Ikuti Kongres Air Minum Di Jember
suryamalang.com/Sri Wahyunik
Bupati Jember, Faida di Kongres Air Minum 2019 di Jember 

SURYAMALANG.COM, JEMBER - Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Jember dan Pemkab Jember menggelar Kongres Air Minum Kabupaten Jember 2019, Selasa (2/4/2019). Kongres Air itu ditandai dengan peluncuran program penyambungan gratis PDAM sebanyak 4.000 sambungan.

Pemasangan gratis 4.000 sambungan air bersih itu sudah dimulai sejak tahun 2018 lalu. Tahun lalu tersambung 1.000 sambungan dan tahun ini ada 3.000 sambungan.

"Tahun lalu hanya kami anggarkan Rp 2 miliar di APBD dan tahun ini menjadi Rp 10 miliar untuk 3.000 sambungan gratis tersebut," ujar Bupati Jember, Faida dalam pidatonya di Kongres Air Minum 2019.

Subsidi penyambungan gratis sambungan air rumah tangga itu, tegas Faida, merupakan komitmen Pemkab Jember untuk teraksesnya air bersih.

Dia menegaskan, sambungan gratis air bersih itu harus tepat sasaran. Penerimanya sudah diumumkan dan diuji publik.

"Penerimanya adalah masyarakat berpenghasilan rendah. Selain itu juga diprioritaskan bagi keluarga yang memiliki balita stunting, serta ibu hamil. Juga ada kriteria khusus bagi keluarga hafidz dan hafidzah," tegas Faida.

Dia menambahkan subsidi sambungan gratis itu bersumber dari dana APBD dan APBN.

Faida mengungkapkan, belum semua kecamatan di Kabupaten Jember terakses air bersih dari PDAM. "Ke depan secara bertahap, kami targetkan akses air bersih PDAM bisa menjangkau seluruh kecamatan yakni 31 kecamatan," tegasnya.

Kongres Air Minum 2019 itu diikuti oleh ribuan orang penerima bantuan sambungan gratis tersebut. Mereka memenuhi tribun di GOR PKPSO Kaliwates yang menjadi lokasi acara.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved