Kabar Blitar

Pemkot Blitar Mulai Bangun Tempat Relokasi Untuk Pedagang Pasar Legi

Secepatnya, Pemkot Blitar akan memindahkan sebagian pedagang ke tempat relokasi untuk keperluan pembangunan Pasar Legi.

Pemkot Blitar Mulai Bangun Tempat Relokasi Untuk Pedagang Pasar Legi
suryamalang.com/Samsul Hadi
Sejumlah pekerja sedang menyelesaikan pembangunan tempat relokasi di sekitar Pasar Legi, Kamis (4/4/2019). 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Pemkot Blitar mulai membangun tempat relokasi untuk pedagang Pasar Legi. Secepatnya, Pemkot Blitar akan memindahkan sebagian pedagang ke tempat relokasi untuk keperluan pembangunan Pasar Legi.

Pantauan di lokasi, Kamis (4/4/2019), tempat relokasi untuk pedagang berada di sekitar pasar. Yaitu, di Jl Mayang dan Jl Krantil. Tempat relokasi dibangun di bahu jalan.

Sejumlah pekerja terlihat masih menyelesaikan pembangunan tempat relokasi. Konstruksi tempat relokasi berbahan kayu. Sedangkan atapnya menggunakan esbes.

"Kalau cuacanya bagus, pembangunannya diperkirakan selesai dalam tiga minggu," kata Muhaimin, pelaksana pembangunan tempat relokasi pedagang Pasar Legi.

Dia mengatakan, pembangunan tempat relokasi dibagi menjadi lima blok. Tiap blok ukurannya 4,5 meter x 18 meter. Satu blok akan dibagi menjadi beberapa stan untuk berjualan. Sesuai rencana ukuran stan berjulan sekitar 2 meter x 3 meter.  "Posisi stan berjualannya saling berhadap-hadapan," ujar Muhaimin.

Salah satu pedagang, Murtini mengatakan, pihaknya belum tahu akan mendapatkan berapa stan berjualan di tempat relokasi. Dia masih menunggu pembagian stan berjualan di tempat relokasi dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Blitar. "Mungkin hanya dapat satu stan saja," kata pedagang pakaian itu.

Murtini memiliki empat kios di Pasar Legi. Keempat kiosnya ikut ludes ketika terjadi kebakaran di Pasar Legi pada Juni 2016 lalu. Setelah kiosnya terbakar, Murtini mencari tempat di pinggir jalan di sekitar Pasar Legi untuk berjualan.

"Kami berharap pembangunan pasar cepat dilaksanakan. Pedagang sudah menunggu lebih dua tahun setelah pasar terbakar," ujarnya.

Kepala Disperindag Kota Blitar, Arianto mengatakan, pedagang yang akan menempati tempat relokasi hanya sebagian. Disperindag mengutamakan pedagang yang masih berjualan di sekitar bekas kios yang terbakar untuk dipindah ke tempat relokasi.

Sedangkan untuk proses pembangunan pasar, kata Arianto, masih tahap lelang. Dia berharap pembangunan pasar sudah bisa dimulai akhir April atau paling lambat awal Mei 2019. "Sekarang masih proses lelang," kata Arianto.

Pemkot Blitar berencana membangun Pasar Legi pada 2019 ini. Pembangunan Pasar Legi menggunakan dana dari APBD Kota Blitar. Pemkot Blitar menyiapkan anggaran sekitar Rp 50 miliar untuk pembangunan Pasar Legi.

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved