Breaking News:

Malang Raya

Kiat Sukses Produsen 1.000 Liter Kecap per Bulan dari Jabung, Kabupaten Malang

"Karena kaya dengan citarasanya yang kuat, kami bikin tagline kecap nomor 2 dan soal rasa memang tiada duanya" ungkap Ainul, Minggu (7/3/2019).

Penulis: Mohammad Erwin | Editor: yuli
erwin
Ainul Adawiyah (berkerudung tanpa berkacamata) memasarkan produk kecapnya saat mengikuti berbagai pameran di Malang Raya 

SURYAMALANG.COM, JABUNG - Tagline Kecap Nomor Dua disematkan Ainul Adawiyah kepada kecap buatannya.

Sebutan tersebut menjadi pembeda dari istilah digunakan untuk menunjukkan tidak ada produk nomor dua, selain nomor satu yang kerap dielu-elukan produk kecap selama ini.

"Karena kaya dengan citarasanya yang kuat, kami bikin tagline kecap nomor 2 dan soal rasa memang tiada duanya," ungkap Ainul, Minggu (7/3/2019).

Ainul dan suaminya memang tinggal di desa wilayah Jabung, Kabupaten Malang. Tapi, pesanan kecapnya yang bermerek Kecap Manis Tugu Jawa tergolong ramai pesanan.

Dalam satu bulan, Ainul yang dibantu dua karyawannya bisa memproduksi hingga 1.000 liter kecap. Sedangkan jika sepi, minimal 500 liter yang diproduksi.

Lalu, apa yang membedakan kecap ini dengan kecap di pasaran pada umumnya? Ainul menjelaskan, kecap ini sejak awal pembuatan tidak menggunakan bahan-bahan kimia, baik itu untuk pewarna, perasa, maupun pengawet.

Sedangkan untuk bahan, alumnus SMEA Ardjuna 2 Arjosari (sekarang SMK) ini hanya menggunakan kedelai lokal sebagai bahan baku utama.

”Kedelai lokal itu lebih gurih, tapi tingkat ketahanannya juga relatif lebih lemah kalau dibandingkan dengan kedelai impor,” imbuhnya.

Hal itu juga yang menjadi penyebab rendahnya minat petani untuk menanam kedelai lokal.
Namun, kualitas yang jauh lebih baik daripada kedelai impor, membuat Ainul ingin mempertahankannya.

Salah satunya dengan konsisten memproduksi kecap dengan bahan baku kedelai lokal. Tiap 1 kilogram kedelai, bisa digunakan untuk memproduksi 25 liter kecap.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved