Malang Raya

Situs Sekaran Mulai Ramai Pengunjung, Bisa Sambil Lihat Proyek Tol Malang - Pandaan

Situs Sekaran di Dusun Sekaran, Desa Sekarpuro Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, ramai pengunjung. Dari situs itu terlihat dari kejauhan jalan tol

Situs Sekaran Mulai Ramai Pengunjung, Bisa Sambil Lihat Proyek Tol Malang - Pandaan
sylvianita widyawati
Lianah, pedagang di sekitar Situs Sekaran, Dusun Sekaran, Desa Sekarpuro Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Dari situs itu terlihat di kejauhan jalan tol Malang-Pandaan (Mapan). 

SURYAMALANG.COM, PAKIS - Sejak jadi pemberitaan di media massa, situs Sekaran di Dusun Sekaran, Desa Sekarpuro Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, ramai pengunjung. Dari situs itu terlihat dari kejauhan jalan tol Malang-Pandaan (Mapan) yang belum selesai.

Potensi datangnya wisatawan dan pekerja dimanfaatkan Lianah, warga dusun berjualan makanan dan minuman dekat situs. Ia menjadi penjual pertama dekat situs itu. "Saya jualan di lahan saya sendiri," kata Lianah kepada Suryamalang.com, Jumat (5/4/2019). Modalnya Rp 500.000.

"Pengunjung ramai mulai pagi sampai sore," kata dia. Ia rencana menjual mie dan kopi selain produk makanan minuman jadi. Kehadiran situs membuat dusun itu ramai. Pengunjung disiapkan lahan parkir meski tak besar. Sedang uang parkirnya sukarela. Dari tempat parkir motor cukup jalan kaki ke situs.

Di areal utama situs yang sudah tergali sudah diberi pagar pembatas dari kayu bambu. Sedang dari jalan raya Sekarpuro, ada penunjuk ke arah situs bagi pengunjung yang ingin kesana. Bagi yang membawa kendaraan roda empat atau lebih, harus parkir di jalan utama di dusun itu dan diteruskan jalan kaki ke situs.

Namun jika memakai sepeda motor lebih dekat lagi jalan kakinya. Di areal situs banyak ditemukan potongan batu bata. "Dulu disini sulit ditanam karena kalau dicangkul banyak bata. Karena tidak tahu termasuk bersejarah, ada yang dipakai buat tembok rumah," ujar seorang warga. 

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved