Breaking News:

Rumah Politik Jatim

Pengamanan Antisipasi Adanya Pemungutan Suara Ulang Pada Pemilu 2019 Di Kota Blitar

Dipastikan tidak ada potensi kerawanan dalam proses pemungutan suara Pemilu 2019 di wilayah Kota Blitar

suryamalang.com/Samsul Hadi
Anggota Polres Blitar Kota melakukan latihan sistem pengamanan kota menjelang Pemilu 2019 di halaman parkir PIPP Kota Blitar, Senin (8/4/2019). 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Kapolres Blitar Kota, AKBP Adewira Negara Siregar, memastikan tidak ada potensi kerawanan dalam proses pemungutan suara Pemilu 2019 di wilayah Kota Blitar. Tetapi, polisi tetap mengantisipasi hal itu dengan menyiapkan sistem pengamanan kota saat pemungutan suara berlangsung.

Seperti yang terlihat pada, Senin (8/4/2019), polisi sedang latihan sistem pengamanan Pemilu di halaman parkir Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan (PIPP) Kota Blitar. Polisi memperagakan sistem pengamanan ketika terjadi kericuhan saat pemungutan suara berlangsung.

Dalam latihan itu, sejumlah polisi terlihat siaga ketika mendapat informasi terjadi kericuhan saat pemungutan suara berlangsung. Ada sekelompok masyarakat sedang mengadakan unjuk rasa terkait pemungutan suara. Para pengunjuk rasa terlihat membakar barang-barang di jalan.

Dengan sigap, polisi berusaha memecah kerumunan massa yang sedang berunjuk rasa. Polisi merangsek ke depan untuk memecah kerumunan massa. Dalam waktu tidak lama, polisi berhasil mencairkan suasana. Polisi membubarkan kerumunan massa yang sedang berunjuk rasa.

"Ini latihan terakhir, latihan-latihan sebelumnya kami gabungkan jadi satu dalam sebuah peragaan," kata Kapolres Blitar Kota, AKBP Adewira Negara Siregar yang ikut menyaksikan proses latihan di lokasi.

Adewira mengatakan, latihan sistem pengamanan kota ini untuk menghadapi pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2019. Sistem pengamanan kota ini untuk mengantisipasi jika terjadi kericuhan saat pemungutan suara berlangsung.

"Secara keseluruhan, nyaris tidak ada indeks kerawan dalam Pemilu 2019 di wilayah hukum Polres Blitar Kota. Pada Pilgub Jatim tahun lalu hanya ada pemungutan suara ulang," ujarnya.

Dikatakannya, Polres Blitar Kota menerjunkan sekitar 325 personel untuk pengamanan pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2019. Selain itu, polisi juga dibantu petugas gabungan dari TNI, Satpol PP, dan Dishub dalam pengamanan Pemilu 2019.

Ketua Bawaslu Kota Blitar, Bambang Arintoko mengatakan masih memetakan indeks kerawanan Pemilu 2019 di wilayah Kota Blitar. Sampai sekarang hasil pemetaan indeks kerawanan Pemilu masih berlangsung. "Hasilnya belum keluar, masih kami petakan," katanya.

Dikatakannya, untuk wilayah Kota Blitar, yang perlu diantisipasi soal pemungutan suara ulang (PSU). Berdasarkan pengalaman pada Pilgub Jatim 2018, ada pelaksanakan pemungutan suara ulang di wilayah Kota Blitar. "Yang perlu diantisipasi soal PSU, pada Pilgub Jatim tahun lalu terjadi PSU di wilayah Kota Blitar," ujarnya. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved