Malang Raya

Wali Kota Malang Sutiaji Pantau Langsung Rencana Kerja Organisasi Perangkat Daerah

Rencana Kerja (Renja) seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Malang dipaparkan, Senin (8/4/2019)

Wali Kota Malang Sutiaji Pantau Langsung Rencana Kerja Organisasi Perangkat Daerah
Benni Indo
Wali Kota Malang Sutiaji saat mengikuti pemaparan Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Zubaidah (berdiri) dalam kegiatan pemaparan rencana kerja yang berlangsung di Hotel Savana, Senin (8/4/2019). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Rencana Kerja (Renja) seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Malang dipaparkan, Senin (8/4/2019). Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Savana, Kota Malang.

Wali Kota Malang Sutiaji menjadi panelis yang menilai langsung Renja yang telah disusun oleh masing-masing OPD. Tidak hanya dipaparkan tetapi juga dievaluasi.

Kepada sejumlah jurnalis, Sutiaji mengatakan bahwa masih perlu menekankan pada efisiensi anggaran di masing-masing OPD. Kegiatan-kegiatan yang bisa ditekan anggarannya agar kembali diperhatikan.

Salah satu OPD yang menurut Sutiaji bisa melakukan efisiensi anggaran adalah Dinas Pendidikan. Sutiaji pun belum menandatangani Renja Dinas Pendidikan karena belum menyepakati keseluruhan usulan rencana kerja.

Saat mengomentari pemaparan Dinas Kesehatan, Sutiaji juga turut mengomentari soal efisiensi kerja. Seperti peningkatan pelayanan di RSUD Kota Malang. Ia menanggapi rencana kerja dinas ini berkaitan dengan peningkatan ruang kamar perawatan di RSUD.

Dikatakannya RSUD saat ini masih bisa meningkatkan jumlah ruang kamar inap, yang saat ini masih berjumlah 114 kamar saja. Dengan cara mengggunakan ruang yang saat ini dipakai sebagai gudang.

“Gudang tidak seharusnya di lantai atas. Kan masih ada lahan di belakang. Tolong dipergunakan ruang itu untuk jadi kamar. Kalau gudang bisa dibuatkan sendiri nanti di lahan sisa”, tegas Sutiaji.

Dalam Paparan Renja OPD ini OPD dibagi beberapa kelompok sesuai visi misi wali kota seperti kelompok pelayanan dasar, ekonomi hingga sosial. Tim ahli pun disebar di beberapa ruang berdasarkan kelompok OPD tersebut.

Tim evaluator selain Sutiaji, juga terdiri dari Sekda Kota Malang Wasto, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Abdul Malik, Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Erik Setyo Santoso, Staf Ahli Pemkot Bidang Pembangunan Kesra dan SDM Handi Priyanto dan Tenaga Ahli Universitas Brawijaya Andy Kurniawan.

Kepala Barenlitbang, Erik Setyo Santoso mengatakan, pasca ditetapkannya RPJMD setelah proses lelang kinerja, Wali Kota Malang melakukan pemantauan usulan program dan kegiatan setiap OPD. Hal itu dilakukan untuk menjamin kegiatan yang berlangsung di OPD sesuai dengan program saat lelang lalu.

“Renja ini akan jadi RKPD. Substansi kegiatan, pendanaan diperdalam untuk menjamin dilaksanakannya kegiatan di masing-masing OPD. Kemudian efisiensi dan kemanfaatan secara maksimal. Kegiatan yang diragukan memanfaatkannya akan di delete langsung di kegiatan ini,” terangnya.

Setelah itu hasilnya dituangkan dalam bagian RKPD Pemkot malang 2020. Kata Erik, rencanyanya akhir bulan ini sudah selesai penyusunan RKPD.

Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved