Breaking News:

Rumah Politik Jatim

Pemilu 2019 Kurang Sepekan, Kekurangan Surat Suara Di Kota Blitar Belum Dikirim

Secara keseluruhan kebutuhan logistik Pemilu 2019 di Kota Blitar sudah lengkap. KPU hanya menunggu pengiriman kekurangan sejumlah surat suara.

suryamalang.com/Samsul Hadi
Komisioner KPU Kota Blitar dan polisi mengecek kesiapan kotak suara Pemilu 2019 di gudang logistik di Dimoro, Kota Blitar, Rabu (10/4/2019). 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar belum menerima kiriman kekurangan sejumlah surat suara Pemilu 2019. Padahal, proses pemungutan suara Pemilu 2019 tinggal sepekan lagi.

Ketua KPU Kota Blitar, Setyo Budiono mengatakan, secara keseluruhan kebutuhan logistik Pemilu 2019 di Kota Blitar sudah lengkap. KPU hanya menunggu pengiriman kekurangan sejumlah surat suara dari KPU pusat.

KPU sudah melaporkan jumlah kekurangan surat suara ke KPU pusat. Tapi, sampai sekarang kekurangan sejumlah surat suara itu belum dikirim. "Tinggal menunggu pengiriman kekurangan surat suara. Mungkin dua hari lagi akan dikirim," kata Setyo Budiono, Rabu (10/4/2019).

Seperti diketahui, dari hasil sortir lima jenis surat suara Pemilu 2019, KPU Kota Blitar masih kekurangan surat suara sebanyak 3.909 lembar. Kekurangan surat suara itu akibat rusak dan kekurangan pengiriman.

Dari total kekurangan surat suara sebanyak 3.909 lembar itu, sebanyak 2.084 lembar karena rusak dan sisanya sebanyak 1.025 lembar karena kekurangan kirim. "Untuk logistik lainnya seperti kotak suara dan bilik suara sudah siap. Kami tergolong sudah siap dibandingkan daerah lain," ujarnya.

Komisioner Divisi Teknik KPU Kota Blitar, Mashudi menambahkan, untuk kebutuhan kotak suara sudah lengkap. Semua kebutuhan kotak suara untuk Pemilu 2019 di Kota Blitar juga sudah dirakit. Saat ini, kotak suara disimpan di dua gudang logistik KPU di Dimoro dan Jl Cemara.

"Hari ini kami melakukan pengecekan kondisi kotak suara di gudang logistik di Dimoro. Kebetulan ada tim dari Polda Jatim yang datang untuk pengecekan kesiapan kotak suara," kata Mashudi.

Dikatakannya, KPU Kota Blitar sendiri mendapat kiriman kotak suara dari KPU pusat sebanyak 2.654 kotak suara. Dari total itu, yang sudah dirakit sebanyak 2.430 kotak suara. Jumlah kotak suara yang dirakit disesuaikan dengan kebutuhan di tempat pemungutan suara.

"Untuk pendistribusian logistik ke TPS dilakukan pada H-1 pelaksanaan pemungutan suara," ujarnya. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved