Rumah Politik Jatim

Remaja Jatim Siapkan Ratusan Ribu Relawan Untuk Menangkan Jokowi - Ma'ruf Amin

Remaja akan fokus memberikan pemahaman nasionalisme dan kebangsaan kepada masyarakat Jawa Timur khususnya kaum milenial.

Remaja Jatim Siapkan Ratusan Ribu Relawan Untuk Menangkan Jokowi - Ma'ruf Amin
suryamalang.com/Galih Lintartika
Ketua Remaja Jawa Timur Suryono Pane (kanan) saat bersama Calon Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin beberapa waktu lalu. 

SURYAMALANG.COM, PASURUAN - Relawan Milenial Jokowi - Ma'ruf Amin (Remaja) Jawa Timur akan terus bergerak secara masif ke lapangan menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 17 April mendatang.

Remaja akan fokus memberikan pemahaman nasionalisme dan kebangsaan kepada masyarakat Jawa Timur khususnya kaum milenial, sekaligus bentuk proteksi terhadap penyebaran berita hoax yang semakin banyak beredar menjelang pencoblosan.

Ketua Remaja Jawa Timur, Suryono Pane menjelaskan, Remaja ini berbeda dengan relawan - relawan lainnya yang juga mendukung penuh pasangan Calon Presiden (Capres) - Calon Wakil Presiden (Cawapres) Jokowi - KH Ma'ruf Amin.

Meski berbeda, kata Suyono, Remaja tetap bersinergi dengan relawan lainnya untuk memenangkan Paslon nomor urut 01 ini. Bukan hanya sekadar gebyar dan seremonial semata, tapi Remaja lebih real dan bergerak ke lapangan secara langsung.

"Kami sudah bergerak langsung ke masyarkat. Kondisi sekarang yang membahayakan adalah berita hoax, penyebarannya melalui medsos. Makanya, kami bergerak untuk menangkal hoax itu. Ibaratnya, kami harus mentralisir hal itu," katanya.

Pria yang juga berprofesi sebagai pengacara nasional itu menjelaskan berita hoax yang ada sekarang itu lebih cenderung mengikis nilai kebangsaan. Makanya, ia bergerak untuk mengembalikan nilai kebangsaan masyarakat khususnya kaum milenial. Ia juga menegaskan, bahwa berita yang berita itu tidak benar.

"Jadi kalau selama ini berita hoax Jokowi - Ma'ruf Amin diserang, kami netralisir. Kami kuatkan nilai dan penilaian mereka terhadap Jokowi. Kami sampaikan secara fakta apa yang sudah dilakukan Jokowi lima tahun yang lalu, dan program priorotas lima tahun ke depan," jelasnya.

Ia menyadari, masing - masing kabupaten atau kota di Jawa Timur memiliki karakter yang berbeda. Ia menyebut, karakter Madura raya, Tapal Kuda, Mataraman, Pantura tidak sama. Perlu ada treatmen khusus dalam pola untuk melakukan hal ini.

"Kami sudah siapkan semua untuk itu. Jadi sentuhan di masing - masing wilayah tidak sama. Kami sudah survey dan kami temukan polanya," urainya.

Pane, sapaan akrabnya, menambahkan, jumlah relawan Remaja di desa-desa sebanyak 130.012 relawan. Jumlah ini sesuai dengan jumlah TPS yang ada. Semisal, nantinya ada tambahan TPS, maka pihaknya akan menyiapkan relawan tambahan. Akan disesuaikan.

"Kami punya tim relawan yang solid dan berpengalaman di bidang demokrasi seperti ini. Makanya, target kami bukan hanya sekadar memenangkan Jokowi - Ma'ruf Amin, tapi menyadarkan sekaligus menangkal berita hoax. Kami siap melalukan itu," tambah dia.

Ia menyampaikan, para relawan yang disiapkan ini sudah berpengalaman di dalam dunia demokrasi. Ada yang mantan komisioner Bawaslu, dan KPU. Menurutnya, bekal di dalam dunia penyelenggara sekaligus pengawas pemilu ini akan memberikan power tersendiri untuk memperkuat Remaja Jatim dan memenangkan Jokowi untuk satu periode lagi.

Menurut Pane, sekarang timnya sudah bergerak terus secara masif menjelang pungutan suara. Kata dia, tim akan bekerja ekstra untuk memaksimalkan penggalangan suara untuk memenangkan Paslon nomor urut 01 dan mengawasi jalannya proses pemungutan suara.

"Kami akan berjuang semaksimal mungkin. Tapi rata - rata di kabupaten atau kota kami akan totalitas dan mencari suara terbanyak. Kalau perlu selisih suaranya akan kami buat sejauh mungkin antara 01 dan 02. Minim 70 persen untuk Jokowi - Ma'ruf Amin di setiap wilayah," tutur dia. 

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved