Kabar Jakarta

Nilai Tukar Mata Uang Rupiah Hari Ini Rp 14.030 Per Dollar AS

Kemenangan pasangan Jokowi - Ma’ruf Amin dari hasil hitung cepat pemilu 2019 juga berpotensi mendorong penguatan rupiah lebih lanjut.

Nilai Tukar Mata Uang Rupiah Hari Ini Rp 14.030 Per Dollar AS
SURYA
Nilai tukar Rupiah Hari ini terhadap Dollar AS 

SURYAMALANG.COM, JAKARTA - Nilai tukar mata uang rupiah berjaya di kawasan Asia. Pada perdagangan, Kamis (18/4) pukul 10.09 WIB, kurs rupiah spot menguat 0,39 persen ke level Rp 14.030 per dollar Amerika Serikat (AS). Rupiah spot mencatat penguatan di tengah pelemahan mata uang kawasan Asia.

Selain rupiah, penguatan mata uang Asia hanya terlihat pada mata uang peso dan yen. Sementara Jakarta interbank spot dollar rate (Jisdor) menguat 0,35 persen ke Rp 14.016 per dollar AS dari posisi Selasa lalu Rp 14.066 per dollar AS.

Penguatan rupiah ini pun terjadi di tengah penguatan indeks dollar. Indeks dollar yang mencerminkan nilai tukar dollar AS terhadap mata uang utama dunia ini naik tipis ke 97,03 dari posisi kemarin 97,01.

Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Ahmad Mikail memperkirakan, indeks dollar AS masih berpotensi melemah. Pelemahan dollar AS dipicu oleh data pertumbuhan ekonomi China yang ada di atas ekspektasi sebesar 6,4 persen (yoy) atau lebih tinggi dibandingkan konsensus pasar sebesar 6,3 persen (yoy).

“Hal tersebut mendorong investor untuk lebih berani berinvestasi di pasar keuangan di negara-negara berkembang,” ungkap Mikail dalam riset harian yang diterima Kontan.co.id.

Sementara itu, kemenangan pasangan Jokowi - Ma’ruf Amin dari hasil hitung cepat pemilu 2019 juga berpotensi mendorong penguatan rupiah lebih lanjut. Dan Mikail memproyeksikan, rupiah akan terus menguat di hari ini.

Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved