Malang Raya

Wali Kota Malang Sutiaji Resmikan Tiga Pasar Rakyat

Ketiga pasar itu adalah Pasar Klojen, Bunul dan Gadang Lama. Namun, perayaan peresmian dikonsentrasikan di Pasar Klojen, Kamis (18/4/2019).

Wali Kota Malang Sutiaji Resmikan Tiga Pasar Rakyat
Hayu Yudha Prabowo
DIRESMIKAN - Bagian depan Pasar Gadang Lama, Kota Malang, Kamis (18/4/2019). 

SURYAMALANG.COM, KLOJENWali Kota Malang Sutiaji didampingi Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, meresmikan tiga pasar rakyat yang baru saja selesai direvitalisasi.

Ketiga pasar itu adalah Pasar Klojen, Bunul dan Gadang Lama. Namun, perayaan peresmian dikonsentrasikan di Pasar Klojen, Kamis (18/4/2019).

Tiga pasar itu mengalami perbaikan sejak 2018. Ketiga pasar yang telah diresmikan ini kini menjadi pasar rakyat modern yang lebih nyaman, bersih dan modern. Diresmikannya tiga pasar rakyat ini menjadi bukti nyata komitmen Pemkot Malang untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Ya selama ini kita diketahui secara nasional gini rasio kita masih rendah. Tapi angka gini rasio ini bukan berarti ekonomi kita khususnya mikro juga rendah", ungkap Sutiaji, Kamis (18/4/2019).

Pasar Bunulrejo Kota Malang
Pasar Bunulrejo Kota Malang (edgar)

Inilah mengapa pasar pasar rakyat dikembangkan ditingkatkan dan diperbaiki kualitasnya dari tahun ke tahun. Sutiaji mengatakan, revolusi ini tidak hanya dilakukan dalam bentuk fisik pasar saja, namun revolusi dari mental masyarakat Kota Malang mengenai pasar.

DIRESMIKAN - Bagian depan di Pasar Bunulrejo, Kota Malang, Kamis (18/4/2019).
DIRESMIKAN - Bagian depan di Pasar Bunulrejo, Kota Malang, Kamis (18/4/2019). (Hayu Yudha Prabowo)

Contohnya, transaksi di pasar bisa menggunakan transaksi non tunai. Sutiaji saat meninjau juga mencoba melakukan transasksi non tunai melalui CR Code itu. Menurutnya hal itu merupakan kemajuan dan teknologi telah berkembang di pasar rakyat.

"Transaksi fisik coba dikurangi. Di sini disediakan barcode sistem pembayaran. Ada tiga pasar yang telah diresmikan", paparnya.

Kepala Dinas Perdangan Kota Malang, Wahyu Setianto menjelaskan, pada 2019 ini akan ada empat pasar lagi yang akan direvitalisasi. Keempat pasar itu adalah Pasar Sukun, Sawojajar, Mergan dan Kasin.

“Di 2019 sudah harus selesai,” ujarnya.

Kemudian ada juga rencana pencanangan gerakan pasar ramah lingkungan. Pemkot Malang mengemas pasar ramah lingkungan itu dengan kantong kertas.

“Teman-teman LH sudah menyosialisasikan ke masyarakat. Kami mencetak hampir 3000 kantong sebagai bentuk kepedulian,” terangnya.

Pedagang menata barang daganganya di Pasar Bunulrejo, Kota Malang, Kamis (18/4/2019).
Pedagang menata barang daganganya di Pasar Bunulrejo, Kota Malang, Kamis (18/4/2019). (Hayu Yudha Prabowo)

Revitalisasi pasar yang dilakukan oleh Pemkot Malang ini konsepnya tidak jauh berbeda dengan Pasar Oro-oro Dowo yang memang telah menjadi percontohan nasional.

Dalam peresmian pasar, Sutiaji bersama Ketua TP PKK Kota Malang Widayati Sutiaji, Sekda Kota Malang Ded Wasto, Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Malang Wahyu Setianto dan beberapa pejabat Pemkot Malang lainnya mengunjungi pedagang dan membeli beberapa barang yang dijual seperti buah dan sayuran. 

Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved