Kabar Trenggalek

Sebanyak 131 Kepala Desa Terpilih Dilantik Plt Bupati Trengalek

Sebanyak 131 Kepala Desa terpilih dalam Pilkades serentak dilantik Plt Bupati Trenggalek, Muchammad Nur Arifin, Jumat (19/4/2019).

Sebanyak 131 Kepala Desa Terpilih Dilantik Plt Bupati Trengalek
suryamalang.com/David Yohanes
Plt Bupati Trenggalek, M Nur Arifin menyerahkan SK Kades yang selesai dilantik. 

SURYAMALANG.COM, TRENGGALEK - Sebanyak 131 Kepala Desa terpilih dalam Pilkades serentak dilantik Plt Bupati Trenggalek, Muchammad Nur Arifin, Jumat (19/4/2019) di Pendopo Kabupaten Trengalek. Sebenarnya jumlah Kades terpilih sebanyak 132 orang. Namun Kades terpilih dari Desa Nglinggis, Kecamatan Tugu meninggal dunia sebelum dilantik.

Gus Ipin, panggilan Nur Arifin berharap, di setiapdesa nanti ada pos pelayanan tengok bawah masalah kemiskinan. Posko ini seperti Gertak (Gerakan Tengok Bawah Masalah Kemiskinan/Gertak) yang ada di Kabupaten. Selain itu juga ada unit pengumpul zakat di setiap desa.

"Jika ada hal yang tidak bisa kita danai, kita kerjasama dengan badan amil zakat," kata Gus Ipin.

Selain itu, Kabupaten Trenggalek punya target besar terkait Adipura dan Indeks Kesehatan. Karena itu Gus Ipin berharap PKK desa juga ikut memberi dukungan. Khususnya program kesehatan, kebersihan dan pencegahan stunting (gizi buruk).

Tahun ini Gus Ipin juga akan meluncurkan Adipura desa. Desa terbaik akan mendapatkan bantuan keuangan desa antara Rp 300 juta hingga Rp 500 juta. "Kalau ingin tambahakan fiskal desa, sambut Adipura desa," tegas Gus Ipin.

Selain itu, ada bantuan keuangan desa bagi yang Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) teraktif, seperti desa wisata mapun inovasi bisnis lain. Selain itu ada lomba inovasi desa lewat Sutran Award. Gus Ipin berharap, dengan segala tantangan itu Kades yang sudah dilantik sudah tahu apa yang harus dilakukan.

Untuk 3 bulan ke depan, para Kades ini diminta untuk menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes). Gus Ipin berjanji akan bertemu lagi dengan para Kades, untuk menyelaraskan RPJMDes dengan RPJMD Kabupaten Trenggalek.

"Kita sudah sepakat, setahun akan bertemu dua kali. Sekali dalam perencanaan APBD induk dan APBD perubahan," tuturnya.

Gus Ipin juga berpesan pada istri para Kades agar membantu suaminya kerja dengan amanah. Para istri juga harus merelakan jika para Kades bekerja selama 24 jam.

"Kalau selama ini naikknya Fortuner, para istri tidak usah minta Range Rovers. Bantu suami kerja dengan amanah," ucap Gus Ipin berkelakar. 

Penulis: David Yohanes
Editor: Achmad Amru Muiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved