Kabar Tuban

Harga Bahan Pangan Di Pasar Tradisional Tuban Terus Merangkak Naik Jelang Ramadhan

Harga bahan pangan bumbu dapur mengalami kenaikan di Tuban. Sejumlah bahan pangan yang naik di antaranya Bawang Merah, Bawang Putih, Cabai, Tomat.

Harga Bahan Pangan Di Pasar Tradisional Tuban Terus Merangkak Naik Jelang Ramadhan
suryamalang.com/Mochamad Sudarsono
Pedagang Bumbu Dapur di Pasar Baru Tuban 

Harga Bumbu Dapur Naik, Pedagang Sebut Dua Momen Ini Pengaruhi

SURYAMALANG.COM, TUBAN - Harga bahan pangan bumbu dapur mengalami kenaikan di Pasar Baru Tuban. Sejumlah bahan pangan yang naik di antaranya Bawang Merah, Bawang Putih, Cabai, Tomat dan Telur.

Seorang pedagang, Rumiyatun mengatakan, kenaikan harga bumbu dapur ini sudah terpantau sebelum pemilu. Bawang merah sebelumnya Rp15 ribu perkilogram kini menjadi Rp 37-38 ribu, bawang putih sebelumnya Rp 20 ribu sekarang Rp 45 ribu perkilogram.

Cabai rawit merah saat ini di kisaran harga Rp 22 ribu perkilogram, sebelumnya hanya Rp 13 ribu perkilogram. Untuk harga Tomat yang sebelumnya Rp 8 ribu sekarang menjadi Rp 12 ribu perkilogram dan harga Telur dari Rp 21 ribu sekarang menjadi Rp 23 ribu perkilogram. "Sebelum pemilu sudah naik, setelah pencoblosan juga masih naik," ujarnya kepada wartawan, Jumat (19/4/2019).

Dia juga menyebut, selain momen pemilu yang membuat harga naik, yaitu jelang bulan suci Ramadhan. Namun, Meski harga naik, menurut dia, tidak mengurangi warga atau masyarakat untuk membeli. Jadi masih tetap banyak yang membeli.

"Sebentar lagi bulan puasa juga, jadi sudah biasa siklus kenaikan harga terjadi. Tapi yang beli juga masih banyak," ungkap Rumiyatun, pedagang asal Desa Tasikmadu, Kecamatan Palang.

Pedagang lain Sutomo juga menyatakan hal sama. Menurutnya, melonjaknya harga terjadi bukan karena tidak adanya stok atau kurang, melainkan setelah pelaksanaan pemilu dan menjelang puasa. "Stok masih ada, kenaikan ini karena pemilu dan jelang bulan Ramadhan juga," pungkasnya.

Penulis: Mochamad Sudarsono
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved