Kabar Surabaya

Malam Nisfu Sya'ban, Gubernur Khofifah Ajak Umat Islam Doakan Keselamatan Bangsa Indonesia

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak seluruh lapisan masyarakat di Jawa Timur untuk bersama-sama memohon keselamatan bangsa.

Malam Nisfu Sya'ban, Gubernur Khofifah Ajak Umat Islam Doakan Keselamatan Bangsa Indonesia
suryamalang.com/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri Haul Majelis Dzikir Maulidur Rasul dan Haul KH Abdul Wahab Turcham ke 24 di halaman Yayasan Khodijah Surabaya, Sabtu (20/4/2019). 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Malam Nisfu Sya'ban yang dipenuhi limpahan rahmat jatuh pada malam ini, Sabtu (20/4/2019). Untuk itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak seluruh lapisan elemen muslim muslimat di Jawa Timur untuk bersama-sama memohon keselamatan bangsa di malam Nisfu Sya'ban ini.

Hal itu ia sampaikan saat menghadiri Haul Majelis Dzikir Maulidur Rasul dan Haul KH Abdul Wahab Turcham ke 24 di halaman Yayasan Khodijah Surabaya, Sabtu (20/4/2019).

Khofifah mengajak seluruh warga muslim dan muslimat untuk melaksanakan doa dan riyadhoh di malam Nisfu Sya'ban dan memohon keselamatan untuk bangsa Indonesia.

"Mohon semua warga Muslim - Muslimat dengan sendiri atau berjamaah melaksanakan doa dan riyadhoh di malam Nisfu Sya'ban nanti malam dengan memohon kepada Allah agar bangsa Indonesia dijaga dan diselamatkan Allah," kata Khofifah.

"Serta mari kita sama sama memohon agar bangsa kita dijauhkan dari bahaya perpecahan dan dipersatukan dalam ridho dan barokah Allah, Amin," lanjut wanita yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU ini.

Di depan ribuah jamaah yang hadir di kegiatan Majelis Dzikir Maulidur Rasul dan Haul KH Abdul Wahab Turcham ke 24 itu, Khofifah memimpin membaca salawat asyghil.

Sebagaimana diketahui, orang yang pertama kali membaca salawat asyghil adalah Imam Ja’far Assadiq. Beliau biasa membaca shalawat ini saat malakukan doa qunut shalat Subuh.

Namun kemudian shalawat ini masyhur dengan sebutan Sholawat Habib Ahmad bin Umar Alhinduan Ba ‘Alawy. Hal ini karena shalawat ini termasuk bacaan shalawat yang dihimpun dalam kitabnya Alkawakib Almudhi’ah fi Zikris Shalah ‘ala Khairil Bariyyah.

Bacaan salawat asyghil yaitu "Allahumma sholli ‘ala sayyidina muhammad wa asyghilidz dzolimin bidz dzolimin wa akhrijna min bainihim salimin wa ‘ala alihi wa shohbihi ajma’in"

Makna salawat asyghil ini artinya dalam. Yaitu Ya Allah, berikanlah shalawat kepada pemimpin kami Nabi Muhammad, dan sibukkanlah orang-orang zalim dengan orang zalim lainnya. Selamatkanlah kami dari kejahatan mereka. Dan limpahkanlah shalawat kepada seluruh keluarga dan para sahabat beliau.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved