Rumah Politik Jatim

KPU Gelar Pemungutan Suara Ulang di 16 TPS se-Jatim, Termasuk Tiga TPS di Kota Malang

Total ada 16 Tempat Pemungutan Suara (TPS) se-Jatim, tiga di antaranya di Kota Malang (lihat urutan 10, 11 dan 12 di bawah naskah).

Penulis: Bobby Constantine Koloway | Editor: yuli
IST
Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur bersiap menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) di sejumlah wilayah se-Jatim pekan ini. Total ada 16 Tempat Pemungutan Suara (TPS) se-Jatim, tiga di antaranya di Kota Malang (lihat urutan 10, 11 dan 12 di bawah naskah).

"Hingga siang hari ini, total rekomendasi dari Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Jatim ada 16 TPS yang harus menyelenggarakan PSU," kata Komisioner KPU Jatim, Insan Qoriawan ketika dikonfirmasi di Surabaya, Senin (22/4/2019).

KPU Kota Malang Berencana Gelar Pemungutan Suara Ulang pada 25 April 2019

Selain PSU, KPU juga akan menyelenggarakan Pemungutan Suara Lanjutan (PSL). Total, ada dua TPS yang akan menyelenggarakan PSL di Jatim.

Berbeda dengan PSU, PSL hanya dilakukan oleh sejumlah pemilih saja. "PSU dilakukan oleh semua pemilih. Sementara untuk PSL tinggal melanjutkan yang pada hari H pemungutan suara lalu belum menerima surat suara," katanya.

Penyebab PSU di tiap daerah pun berbeda. Ada yang disebabkan dengan surat suara rusak hingga kesalahan prosedur pindah pilih.

"Memang ada beberapa surat suara di TPS yang disebut telah tercoblos. Lalu, ada pula beberapa pemilih yang berasal dari luar daerah namun tidak memiliki form A5 (pindah pilih)," terangnya.

PSU dilakukan secara bertahap dengan rincian waktu yang berbeda. "Paling lambat dilaksanakan pada 27 April 2019 mendatang," katanya.

Sedangkan tempat pemungutan tetap dilaksanakan di masing-masing lokasi awal TPS. "Proses pemungutan tetap di TPS awal. Sementara untuk rekapnya dibawa ke PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan)," jelasnya.

Sementara untuk penyediaan logistik, pihaknya telah berkoordinasi dengan KPU RI. "Kami telah bersurat ke KPU RI. Setelah logistik ada, langsung diberikan di waktu yang berbeda-beda," terangnya. 

Daftar TPS yang Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Jatim:
1. Kab/Kota. : Sumenep
Kec. : Masalembu
Desa/Kel. : Masalima
No. TPS. : 03
DPT. : 212
DPTb. :
DPK. : 3
Jenis Pemilihan : semua
dapil 7 dprd kab

2. Kab/Kota. : Mojokerto
Kec. : Mojosari
Desa/Kel. : Awang-awang
No. TPS. : 001
DPT. : 300
DPTb. : 0
DPK. : 4
Jenis Pemilihan : PPWP (Pilpres)

3. Kab/Kota. : Gresik
Kec. : Kebomas
Desa/Kel. : Dahanrejo
No. TPS. : 10
DPT. : 267
DPTb. : 4
DPK. : 0
Jenis Pemilihan : PPWP (Pilpres)

4. Kab/Kota : Bangkalan
Kec : Geger
Desa/kelurahan: Banyoneng laok
No. TPS : 15
DPT : 228
DPTb : 4
DPK : 12
Jenis pemilihan : semua
Dapil : 2

5. Kab/Kota : Sampang
Kec : Banyuates
Desa/kel: Trapang
No. TPS : 03
DPT : 116
DPTb : 0
DPK : 0
Jenis pemilihan : DPRD Kab
Dapil : Sampang 4

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved