Rumah Politik Jatim

KPU Kota Malang Berencana Gelar Pemungutan Suara Ulang pada 25 April 2019

KPU Kota Malang berencana melakukan pemungutan suara ulang (PSU) pada 25 April 2019. PSU ini dilakukan setelah KPU Kota Malang menerima surat rekomend

Penulis: Benni Indo | Editor: yuli
suryamalang.com/Sany Eka Putri
Penghitungan surat suara di TPS. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - KPU Kota Malang berencana melakukan pemungutan suara ulang (PSU) pada 25 April 2019. PSU ini dilakukan setelah KPU Kota Malang menerima surat rekomendasi dari Bawaslu Kota Malang.

Sebelumnya, Bawaslu Kota Malang menemukan ada dua TPS yang berpotensi PSU. Namun kemudian, ada satu TPS lagi yang direkomendasikan melakukan PSU.

Tiga TPS itu masing-masing, TPS 9 Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, TPS 14 Penanggungan, dan TPS 17 Sukoharjo, keduanya masuk Kecamatan Klojen.

Ketua KPU Kota Malang, Zaenudin mengatakan saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan Bawaslu Kota Malang.

"Kami akan menyiapkan segala sesuatunya untuk tiga tempat yang PSU itu. Kami mengusulkan tanggal 25 April," kata Zaenudin.

PSU dilakukan karena ada sejumlah pemilih yang mendapat surat suara tidak sesuai keperuntukkannya. Seperti, pemilih pindahan dari luar Malang Raya mendapatkan empat hingga lima surat suara. Seharusnya dapat dua surat suara untuk yang berasal dari Jatim. Warga luar Jatim hanya mendapatkan satu surat suara.

KPU juga akan berkoordinasi dengan petugas pemilihan untuk membahas rencana PSU. Sebab, PSU bukan hanya melibatkan penyelenggara namun juga warga yang berhak menggunakan hak pilihnya.

"PSU seperti ini bisa terjadi karena faktor kelalaian petugas," ujar Zainudin, Senin (22/4/2019).

Setelah menentukan tanggal PSU pada 25 April mendatang, PSU bakal digelar sesuai TPS masing-masing. Alasanya untuk memudahkan warga agar tak kebingungan mencari TPS untuk PSU.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Malang, Alim Mustofa mengatakan, telah mengirim rekomendasi kepada KPU Kota Malang.

"Paling baru adalah TPS 17 di Sukoharjo. Disitu ada 8 orang warga luar Malang Raya namun ikut coblosan untuk Pilpres dan Pileg dengan e-KTP saja," kata Alim.

Totalnya ada 19 pemilih yang melakukan pelanggaran. 8 di Bunulrejo, 3 di Penanggungan, dan 8 di Sukoharjo.

Kini KPU Kota Malang hanya memiliki waktu selama 5 hari untuk menyelesaikan PSU sesuai rekomendasi Bawaslu Kota Malang. Sebab, dalam PKPU proses PSU harus dilakukan selambat-lambatnya 10 hari dari tanggal coblosan pada 17 April 2019 lalu.

"Sejauh ini belum ada lagi laporan PSU. Kini kita rapat persiapan PSU untuk menentukan tanggal PSU dengan KPU Kota Malang," tutur Alim. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved