Kabar Tuban

Peringati HKBN, Siswa SMK Di Tuban Gelar Simulasi Bencana Kebakaran

Ini merupakan kegiatan simulasi yang akan mengajarkan semua siswa, dimanapun berada mereka harus siap menghadapi bencana.

Peringati HKBN, Siswa SMK Di Tuban Gelar Simulasi Bencana Kebakaran
Ist
Siswa-siswi SMK Ma'arif 45 Tambakboyo Tuban melakukan simulasi kebakaran, Jumat (26/4/2019). 

SURYAMALANG.COM, TUBAN - Siswa-siswi SMK Ma'arif 45 Tambakboyo Tuban menggelar kegiatan simulasi penerapan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB), dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) tahun 2019.

Kegiatan yang dilangsungkan di sekolah setempat, Jumat (26/4/2019) diinisiasi oleh Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) Tuban.

Tampak seluruh warga sekolah, mulai dari guru serta seluruh peserta didik berhamburan keluar ruangan begitu simulasi kebakaran dimulai. Ada juga beberapa siswa yang memperagakan dalam kondisi tak sadarkan diri atau pingsan.

Kepala Sekolah SMK Ma'arif 45 Tambakboyo, Putut Sudiyono mengatakan, ini merupakan kegiatan simulasi yang akan mengajarkan semua siswa, dimanapun berada mereka harus siap menghadapi bencana. Jika tidak bisa menyelamatkan orang lain saat bencana berlangsung, minimal bisa menyelamatkan diri sendiri.

Pengetahuan ini juga harus disampaikan atau ditularkan kepada keluarga maupun tetangga di rumah. "Iya ini merupakan simulasi kebakaran, siswa harus tahu bagaimana caranya untuk bisa meloloskan diri saat si jago merah mengamuk," ujarnya.

Sementara Ketua LPBI NU Cabang Tuban, M Humam menyatakan, simulasi kebakaran ini merupakan langkah awal dari penerapan Satuan Pendidikan Aman Bencana. Kegiatan semacam ini juga dilaksanakan diseluruh lembaga pendidikan di bawah naungan LP Ma'arif.

"Bersamaan dengan HKBN tahun 2019, kita melaksanakan simulasi kebakaran dan berjalan lancar," pungkasnya.

Penulis: Mochamad Sudarsono
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved