Kabar Blitar

Rekapitulasi Pemilu 2019 Di Dua Kecamatan Di Kota Blitar Selesai, Sisakan Satu Kecamatan

Pelaksanaan rekapitulasi di Kecamatan Sukorejo memang lebih lambat sehari dibandingkan dua kecamatan lainnya.

Rekapitulasi Pemilu 2019 Di Dua Kecamatan Di Kota Blitar Selesai, Sisakan Satu Kecamatan
suryamalang.com/Samsul Hadi
Petugas Linmas mengangkat kotak suara dan hasil rekapitulasi Pemilu 2019 di kantor Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, untuk dibawa ke gudang logistik KPU Kota Blitar, Jumat (26/4/2019). 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Proses rekapitulasi hasil suara Pemilu 2019 di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kota Blitar sudah selesai untuk dua kecamatan. Sedangkan, rekapitulasi di satu kecamatan lagi sampai sekarang masih belum selesai.

Ada tiga kecamatan di wilayah Kota Blitar. Dua kecamatan yang sudah selesai proses rekapitulasi yakni di Kecamatan Kepanjenkidul dan Kecamatan Sananwetan. Sedangkan satu kecamatan yang masih proses rekapitulasi di Kecamatan Sukorejo.

"Rekap di dua kecamatan sudah selesai. Untuk Kecamatan Kepanjenkidul selesai kemarin malam dan Kecamatan Sananwetan selesai siang ini. Yang masih proses rekap di Kecamatan Sukorejo," kata Ketua KPU Kota Blitar, Setyo Budiono, Jumat (26/4/2019).

Fakta-Fakta Surat Terbuka Sopir Truk Untuk Jenderal Tito, Ngaku Dipalak dan Direspon Polri

Setyo mengatakan, untuk Kecamatan Sukorejo, proses rekapitulasinya sudah mencapai 80 persen. Pelaksanaan rekapitulasi di Kecamatan Sukorejo memang lebih lambat sehari dibandingkan dua kecamatan lainnya.

"Rekap di Sukorejo dimulai Selasa, sedangkan dua kecamatan lainnya sudah dimulai Senin," ujarnya.

Dikatakannya, kotak suara dan hasil rekapitulasi di tingkat kecamatan yang sudah selesai disimpan di gudang logistik KPU. Sesuai rencana, KPU akan memulai proses rekapitulasi di tingkat kota pada 30 April 2019.

Terpisah, Ketua Bawaslu Kota Blitar, Bambang Arintoko mengatakan, proses rekapitulasi di tingkat kecamatan berjalan lancar. Bawaslu tidak mendapatkan laporan maupun menemukan kecurangan saat proses rekapitulasi di tingkat kecamatan maupun saat proses penghitungan di TPS.

"Belum ada laporan dan temuan soal kecurangan saat proses rekap di tingkat kecamatan maupun penghitungan di TPS," ujarnya.

Dikatakannya, tidak ada pemungutan suara ulang (PSU) dalam pelaksanaan Pemilu 2019 di Kota Blitar. Selain itu, juga tidak ada pemungutan suara susulan maupun penghitungan ulang dalam pelaksanaan Pemilu di Kota Blitar.

"Pelaggarannya hanya pada masa tenang dulu. Itupun soal alat peraga kampanye, bukan pelanggaran pidana. Ada 165 pelanggaran alat peraga kampanye pada masa tenang," tuturnya.

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved