Persebaya Surabaya

Otavio Dutra Tunggu Tanda Tangan Menkumham agar Sah jadi Warga Negara Indonesia

Otavio Dutra, salah satu pemain asing Persebaya, selangkah lagi menjadi WNI. Kini tinggal menunggu tandatangan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly.

Otavio Dutra Tunggu Tanda Tangan Menkumham agar Sah jadi Warga Negara Indonesia
Ndaru
Pemain Persebaya Otavio Dutra berlatih di Lapangan Jenggolo, Kamis (7/2/2019) 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA – Otavio Dutra, salah satu pemain asing Persebaya, selangkah lagi menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Setelah kurang lebih tiga bulan mengurus pemberkasan menjadi WNI, kini tinggal menunggu tandatangan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly.

Untuk menyelesaikan itu, bahkan Dutra harus absen pada latihan Persebaya selama dua hari, Rabu-Kamis (24-28/4/2019).

"Saya masih tunggu satu surat dari Pak Menteri Yasonna, semoga dalam waktu dekat ini, dia bisa tandatangan. Sudah 3 minggu belum tandatangan, surat saya sudah di sana. Saya berharap, bisa selesai cepat," terang Dutra, Jumat (26/4/2019).

Dijelaskan Dutra, lambannya proses naturalisasi dirinya karena bersamaan dengan proses Pemilu 2019, sehingga kementrian terkait disibukkan oleh pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Termasuk juga, saat Dutra hadir ke Jakarta dua hari lalu, orang yang ingin dia temui tidak ada di kantornya.

"Ya kita tahu sekarang Pemilu, jadi banyak orang tidak di kantor. Dan saya juga datang ke sana, tidak ada juga, jadi ya harus tunggu itu," tambah pemiain kelahiran Brasil tersebut.

Usai berhasil mendapatkan surat dari Kemenkumham, proses naturalisasinya hampir rampung.

"Sudah hampir, tapi saya tidak tau berapa lama lagi, kalau saya mau selesai cepat," ucap Dutra.

Untuk semakin mempercepat proses Naturalisasi. Dutra sudah minta bantuan manajemen Persebaya.

"Kemarin saya ketemu Pak Candra, Pak Manager, katanya akan bantu saya juga, jadi saya masih tunggu ini, saya juga sudah ketemu PSSI, semoga ada jalan," tambah Dutra.

Terutama, nasib kewarga negaraan Dutra sangat menentukan penambahan satu pemain asing Persebaya, seperti yang disampaikan pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman.

Persebaya miliki 4 pemain asing (termasuk Otavio Dutra, red). Amido Balde (Guinea-Bissau), Manuchekhr Dzhalilov (Tajikistan), Damian Lizio (Bolivia), dan Otavio Dutra (Brasil).

"Saya berharap itu, supaya saya juga bisa cepet-cepet selesai, bisa pergi ke timnas, dan bisa tambah pemain yang Persebaya perlu sekarang," tutupnya.

Penulis: Khairul Amin
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved